Di Thailand, Waria Bisa Jadi Pramugari

by
April 13th, 2015 at 11:33 am

CiriCara.com – Pernah ke Taman Lawang? Bagi yang belum pernah ke sana, baiknya mengenal dulu taman tersebut. Taman Lawang, adalah salah satu taman yang ada wilayah Laturhary, Jakarta Pusat. Taman ini terkenal bukan karena keasriannya, tapi karena taman ini kerapkali dipakai para ‘waria’ mangkal. Ya, para waria, mangkal disana bukan untuk santai-santai atau leleson. Namun, mereka mangkal di Taman Lawang, untuk cari ‘mangsa’ alias cari pelanggan yang suka memuaskan syahwatnya atau lelaki hidung belang.

waria thailand

Ist

Bicara waria, atau ada yang menyebut banci, konotasinya di Indonesia, kebanyakan negatif. Waria, selalu dipandang sebelah mata. Bahkan, banyak mengalami perlakuan diskriminatif. Banyak yang menganggap para waria ini, adalah warga kelas dua. Padahal, mereka adalah sama, berstatus WNI sah di negeri ini. Tapi, karena sudah di tempeli stigma negatif, maka perlakuan dan pandangan terhadap waria pun begitu diskriminatif.

Dalam hal pekerjaan misalnya, para waria ini tak diberikan kesempatan setara untuk bisa bekerja dalam semua bidang. Kebanyakan para waria, bekerja di bidang kecantikan,seperti bekerja di salon, atau jadi perancang busana, atau juga perias. Sementara di bidang lain, misal untuk jadi pilot, pramugari dan lain-lain, sepertinya pintu masih tertutup rapat bagi para waria. Padahal, dari sisi kemampuan, jika diberi kesempatan, boleh jadi para waria sangat bisa diandalkan. Tapi apa mau dikata, di sini, di Indonesia, perlakukan diskriminatif bagi para waria masih sangat kuat.

Namun, lain Indonesia, lain pula di negeri Gajah Putih, Thailand. Di Thailand, negeri seribu pagoda, para waria justru dihargai. Mereka, para waria di Thailand, bisa bekerja di bidang-bidang yang di Indonesia sama sekali tertutup bagi waria. Misalnya, di Thailand, para waria bisa bekerja di bidang penerbangan.

Kabarnya, ada sebuah perusahaan penerbangan di Thailand, yang membolehkan waria jadi pramugarinya. Perusahaan penerbangan yang menerima waria sebagai pramugarinya adalah PC Air Thailand.

PC Air sendiri, adalah sebuah maskapai pesawat carter yang melayani tur ke seluruh Asia. Awalnya memang, maskapai PC Air ini, tak menerima waria sebagai awak kabinnya. Tapi, kemudian PC Air memutuskan membuka lowongan bagi para waria untuk menjadi pramugari di pesawat-pesawat yang dioperasikannya. Saat lowongan itu dibuka, responnya sangat positif. Ratusan lamaran di layangkan ke perusahaan tersebut. Cerita tentang waria bisa jadi pramugari di Thailand, saya dapatkan setelah membaca sebuah berita yang dimuat di Kompas.com, salah satu situs berita terbesar di Indonesia.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini