Ternyata Pak SBY Lebih Suka Kerupuk “Melempem”

by
April 13th, 2015 at 9:35 am

CiriCara.com – Tahu kerupuk? Pastinya banyak yang tahu dan menyukai penganan berbahan terigu tersebut. Kerupuk, adalah teman setia, untuk berbagai menu makanan. Kerupuk bisa dipadupadankan dengan semangkuk baso, sepiring nasi goreng, semakok soto atau dimakan sendiri tanpa teman menu lainnya.

sby

SBY – Ist

Kerupuk yang renyah tentunya yang paling nikmat untuk dinikmati. Tapi, bila sudah ‘teles’ alias melempem, kerupuk jadi tak enak lagi untuk dinikmati. Meski begitu, ada beberapa orang yang suka kerupuk ‘teles’. Bahkan, yang suka kerupuk ‘teles’ alias melempem ini, salah satunya bukan orang sembarangan alias orang penting di negeri ini. Siapakah orang penting di Indonesia yang lebih suka kerupuk melempem, ketimbang yang masih renyah itu? Dia adalah Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden Republik Indonesia yang pernah menjabat dua periode.

Pensiunan jenderal bintang empat yang biasa disapa SBY itu, ternyata punya selera unik soal kerupuk. Dia, tak suka kerupuk yang masih kering renyah. Tapi, ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa dipanggil Ibas ini, lebih suka kerupuk yang sudah teles alias melempem.

Adalah Ibu Siti Aminah Hariyadi yang menceritakan selera unik suami dari Kristiana Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono. Ibu Aminah adalah tetangga Pak SBY, di kampung halamannya, di Pacitan, sebuah Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Ibu Aminah menceritakan salah satu menu makanan kesukaan Pak SBY adalah sayur lodeh dan nasi pecel. Tapi Pak SBY juga memfavoritkan menu sambal goreng dan tempe goreng.

Nah, ada selera lain yang unik dari Pak SBY. Menantu mendiang Letnan Jenderal Sarwo Edhie itu menurut Ibu Aminah menyukai kerupuk teles. Saking sukanya, Pak SBY suka membiarkan dulu kerupuk yang akan dimakannya itu melempem. Setelah melempem atau sudah teles, baru Pak SBY menyantapnya dengan nikmat. Sungguh selera yang unik dari mantan orang nomor satu di Indonesia. Selera makan Pak SBY yang jarang terungkap ke publik.

Oh ya, Pak SBY meski pernah jadi Presiden, dia juga ternyata adalah koki yang jempolan. Pak SBY, piawai meracik nasi goreng ala dirinya. Bahkan, Pak SBY, dikabarkan ketika masih jadi Presiden sempat mendemonstrasikan kepiawaiannya meracik nasi goreng. Daniel Sparinga, yang kala itu jadi salah satu staf khususnya pernah menceritakan, bahwa racikan nasi goreng Pak SBY, sungguh nikmat. Saya tak tahu, apakah Pak SBY, menyantap nasi gorengnya itu bersama kerupuk melempem atau tidak, sebab Mas Daniel, tak pernah menceritakan itu. Mas Daniel hanya mengaku pernah menyantap menu nasi goreng hasil racikan Pak SBY.

Cerita atau kisah kerupuk melempem yang diceritakan Ibu Aminah saya dapatkan dari situs www.tabloidnova.com. Di salah satu artikelnya, tabloidnova.com, memuat kisah tentang kerupuk melempem, dengan narasumber ibu Aminah, tetangga Pak SBY di kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini