Tips Belajar Biologi yang Mudah

by
April 13th, 2015 at 10:03 am

CiriCara.com – Buat kamu yang akan menempuh Ujian Nasional (UN), mungkin pelajaran Biologi tidak masalah. Soal ujian ini dianggap mudah karena hanya terdiri dari teori-teori. Tapi,  sadar kah kamu, pelajaran Biologi dipenuhi dengan istilah-istilah yang harus diingat? Soal-soal Biologi juga mengacu pada proses-proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Untuk mengingat ini semua, bagaimana caranya?

Belajar / Ist.

Belajar / Ist.

- Rangkum Materi

Ambil buku Biologi kamu dan buka  bagian yang paling sulit kamu ingat, misalnya tentang sistem pencernaan. Rangkumlah arti dari setiap istilah bagian tubuh, zat, atau prosesnya. Kenapa kamu harus merangkum sendiri, tidak membeli buku rangkuman? Proses mandiri akan membuat kamu lebih ingat dan yang penting lebih paham.

- Tulis Manual

Tulislah rangkuman itu secara manual menggunakan pena dan kertas. Jangan dulu kertas yang bagus tetapi ini jadi konsep atau kertas yang bakal dibuang. Untuk penjabaran istilah Biologi, tulis dulu secara lengkap artinya sesuai dengan yang di buku. Sambil menulis, cobalah pahami apa arti istilah itu. Proses ini akan membantu kamu untuk lebih ingat.

Setelah menulis sesuai aslinya dan paham, buatlah penulisan sesuai dengan gaya kamu. Gunakan keyword yang mudah kamu ingat. Kenapa? Karena soal UN nantinya pilihan ganda.

Untuk rangkuman proses pencernaan atau proses fotosintesis misalnya, baca dulu penjabaran yang ada di buku. Sembari membaca, buat keyword dan penandaan (panah, lingkaran, dll) sesuai gaya yang kamu sukai.

- Berulang-Ulang

Tulislah lagi rangkuman per topik (sistem respirasi, transportasi, indera, dll) di kertas lainnya tanpa melihat kertas pertama. Lakukan berulang-ulang sampai kamu bisa menuliskannya dengan lancar. Kalau sudah begitu, artinya kamu hafal rangkuman yang kamu buat sendiri.

Tenang, kamu tidak perlu mengingat semuanya dalam satu waktu. Lakukanlah secara bertahap karena memang dengan begitu kamu bisa lebih ingat. Misalnya, setelah membuat jabaran suatu istilah, kamu menulisnya lagi beberapa kali sampai hafal. Lalu dilanjutkan dengan menulis proses berulang-ulang. Kemudian, kamu menulis jabaran istilah beserta  prosesnya.

Lakukan tahap ini untuk satu topik. Kalau sudah hafal satu topik (contohnya sistem reproduksi) baru lanjut ke topik lainnya (contohnya sistem saraf).

- Gunakan Warna

Pada tahap akhir, kamu bisa membuat rangkuman di kertas kecil yang dilipat-lipat. Buatlah kertas itu jadi mudah dibawa ke mana-mana dan mudah dibuka. Gunakan berbagai warna untuk menuliskannya. Kamu bisa menggunakan tiga sampai empat warna (hitam, biru, hijau, dan merah).

Gunakan perasaan kamu untuk memakai warna apa dalam menuliskan bagian tertentu. Misal, kamu lebih suka tanda panah pakai warna hitam atau kamu lebih suka nama istilah memakai warna hijau.

Sebaiknya, gunakan warna merah untuk bagian-bagian yang paling sulit kamu ingat. Bagian ini sering mudah kamu lupa. Warna merah memiliki spektrum yang paling menarik perhatian mata saat melihat hamparan warna. Karena itulah ia bisa mudah kamu ingat.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini