Tips Mengelola Keuangan Keluarga

by
April 13th, 2015 at 9:08 am

CiriCara.com – Salah satu hal yang paling sering diributkan di dalam keluarga adalah masalah keuangan. Seringnya, kemauan kita untuk membeli sesuatu terkadang tidak diimbangi sama pendapatan dan tabungan kita. Terutama bagi seorang wanita, sebagian besar keuangan di dalam keluarga diolah oleh sang istri, namun terkadang sebagai seorang wanita, kita dibayangi oleh hawa nafsu ingin membeli ini dan itu.

kelola keuangan

Mengelola keuangan – Ist

Bagaiman cara mengelola keuangan yang baik? Berikut beberapa tipsnya.

1. Catat Apa yang Menjadi Kebutuhan Utama

Ini misalnya kebutuhan sembako keluarga, terus biaya listrik, telepon, air, biaya sekolah anak. Kita harus tahu dan memperhitungkan biaya apa saja yang pasti akan dikeluarkan tiap bulan. Ingat, kebutuhan adalah sesuatu yang jika tidak dipenuhi maka akan menganggu kehidupan kita.

2. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan adalah sesuatu yang mesti dipenuhi, karena menyangkut tentang yang diperlukan tubuh. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang sebenarnya jika tidak dipenuhi kita masih bisa bertahan dan hidup, biasanya keinginan adalah berupa abrang-barang mewah atau pun barang-barang hiasan misalnya baju, tas, pakaian yang ber merek mahal dan misalnya berupa mobil atau apapun yang sebenarnya jika tidak dipenuhi itu tidak masalah.

3. Hindari yang Namanya Hutang

Ini sudah pasti. Jangan pernah kita ngutang untuk membeli keinginan kita. Karena biasanya sifat dari hutang adalah addict, jadi sekali kita ngutang, maka ada kemungkinan kita akan ngutang lagi untuk masa selanjutnya. Karena biasanya kita ngutang untuk membeli sesuatu yang menjadi keinginan kita.

4. Mulailah Menabung

Mulailah mencoba untuk menyisihkan sebagian dari uang kita. Misalnya dengan meminimilisasikan jumlah keinginan yang kita beli lalu mengalokasikan uang tersebut dalam bentuk tabungan. Namun ingat, usahakan tabungannya dipisahkan dari uang belanja dan jangan diambil jika tidak dalam keadaan mendadak. Kebiasaan ini dapat kalian mulai dengan mematok dan konsisten berapa uang yang akan kalian tabung tiap waktunya.

Keuangan keluarga harus benar-benar diatur. Isteri yang biasanya diberi uang bulanan oleh suami harus pintar mengelola keuangan, begitu juga dengan suami jika memberi jumlah uang kepada istri harus sesuai jangan terlalu banyak jangan terlalu pelit juga. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini