5 Aspek Penting dalam Membuat Bisnis

by
April 14th, 2015 at 9:22 am

CiriCara.com – Sebelumnya saya sudah pernah membahas artikel tentang studi kelayakan bisnis. Nah, saya akan jelaskan ulang secara singkat tentang studi kelayakan bisnis. jadi, studi kelayakan bisnis dibuat guna untuk mempertimbangkan hal-hal mengenai peluang dan ancaman serta hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah bisnis.

usaha bareng teman

Berbisnis – Ist

Nah, membuat sebuah studi kelayakan bisnis utnuk memulai sebuah bisnis, harus memperhatikan beberapa aspek penting Tidak boleh asal membuatnya saja. Karena aspek tersebutlah yang nanti akan digunakan sebagai pertimbangan dan penilaian serta seperti persipan awal dalam sebuah bisnis. Berikut aspek penting tersebut.

1. Aspek Pemasaran

Nah, aspek pemasaran adalaha spek pertama yang dibahas. Dalam aspek pemaaran akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat, Marketing Mix, STP serta berjalannya sebuah bisnis.

2. Aspek Teknis

Aspek Teknis dibuat setelah membuat aspek pemasaran. Mengapa demikian? Karena pembuatan aspek teknis dilakukan berdasarkan data yang ada di dalam aspek pemasaran. Jadi, aspek teknis dibuat guna mendukung dalam bagaimana agar aspek pemasaran tersebut dapat tercapai. Aspek teknis juga dilakukan untuk bagaimana agar produk kita bisa sampai ke tangan konsumen dan bagaimana teknisnya.

3. Aspek Keuangan

Iya, dong. Kita harus mempertimbangkan budget yang kita keluarkan. Bagaimana pemerataan keuangan misalnya dalam segi pemasaran, dalam segi produksi, dan distribusi. Atau bagaimana dalam membayar semua kebutuhan yang diperlukan dan bagaimana titik balik dalam memperoleh dana itu kembali.

4. Aspek Hukum

Hal ini berkaitan dengan perizinan usaha. Dalam mendirikan sebuah usaha tentu diperlukan izin kepada pemerintah dong, agar usaha ki9ta dianggap legal dan resmi dan tentu agar taat bayar pajak.

5. Aspek Lingkungan

Bisnis yang kita buat memang tujuan awalanya adalah untuk mendatangkan keuntungan bagi diri kita. Namun hal itu tak lepas dari kita harus memperhatikan lingkungan tempat berbisnis kita. Bagaimana dampaknya bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dna lignkungan sekitar bisnis kita. Supaya bisnis yang kita jalankan juga dapat berdampak baik juga bagi mereka yang ada di sekitar kita.

Bagaimana? Semoga bisnis yan kita lakukan sukses dan berdampak besar bagi orang lain juga ya. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini