5 Tips Mengatasi Keputihan

by
April 14th, 2015 at 9:56 am

CiriCara.com – Keputihan merupakan sejenis penyakit yang mengidap kaum wanita dan penyebab dari keputihan ini bermacam-macam, seperti terinfeksi dari beberapa bakteri, jamur dan Psedomonas sp. Terkadang juga bahwa timbulnya keputihan disertai dengan infeksi saluran kemih sehingga akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi kaum wanita.

Mengatasi keputihan - Ist

Keputihan – Ist

Ketidaknyamanan tersebut dikarenakan lendir yang dikeluarkan memang tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal, tetapi bila tidak demikian maka perlu diobati atau mencari solusi untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita tersebut. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah keputihan:

  1. Periksakan tentang keputihan. Tips yang harus dilakukan apabila sedang mengalami keputihan dengan memeriksakan diri, agar diketahui jenis keputihan bila keputihannya normal maka tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi bila terjadi keputihan yang ekstrem seperti mulai menimbulkan bau yang tidak sedap, berwarna aneh, mambuat rasa gatal maka periksakan ke dokter terdekat.
  2. Sering membersihkan dengan tissue bayi. Apabila keputihannya normal maka cukup dengan membersihkan organ intim tersebut dengan tissue bayi saja dan yang tidak mengandung pengharum dan steriil. Jangan membersihkannya ke dalam vagina karena akan merusak organ bagian dalam.
  3. Sesering mungkin mengganti celana dalam. Keputihan merupakan satu cara untuk melindungi bagian organ intim wanita dari jamur, virus dan bakteri, untuk menjaga kebersihannya maka bila terjadi keputihan sebaiknya bagian organ intim wanita dengan sering mengganti celana dalam minimal tiga kali sehari, cara demikian dapat menjaga kondisi organ intim selalu higienis.
  4. Jangan selalu menyiram organ intimnya sampai ke bagian dalam. Menyiram organ intim adalah yang sebaiknya dijauhi oleh kaum wanita apalagi sampai ke bagian terdalam, hal tersebut akan menjadi penyebab keputihan menjadi semakin parah.
  5. Gunakan cairan khusus. Bila kondisinya terdesak maka gunakan cairan khusus pembersih organ intim tetapi harus hati-hati dan jangan berlebihan, bila berlebihan maka dikhawatirkan organ intim dan keputihan semakin tidak nyaman.

Keputihan yang terjadi pada wanita merupakan hal yang lumrah karena dapat melindungi organ intim wanita agar terhindar dari ganguan jamur, atau bakteri, tetapi perlu diwaspadai apabila keputihan tersebut mengalami sesuatu yang tidak lazimnya keputihan tersebut.

Demikian tips atau cara mengatasi masalah apabila terjadi keputihan.

Penulis: MasArif

Comment di sini