6 Makanan Agar Otak Kuat Saat Ujian

by
April 14th, 2015 at 3:12 pm

CiriCara.com – Saat Ujian Nasional, kamu perlu mengerahkan kekuatan otak untuk mengerjakan soal-soal. Namun, hal itu sulit terwujud kalau kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hindari makanan sehat dan perbanyak makanan yang bisa meningkatkan daya pikir kamu.

un

Ujian Nasional SD – Ist

Berikut beberapa buah dan sayur yang kami anjurkan agar kamu sukses saat ujian.

- Alpukat

Siapa yang tidak suka buah creamy ini? Alpukat memang mengandung lemak tetapi dari jenis yang baik. Alpukat kaya akan asam lemak, yaitu asam oleat yang berperan dalam membangun myelin dalam otak. Bagian tersebut sangat menentukan proses penyampaian informasi di dalam otak kamu. Jika kamu kurang suka alpukat, tenang, karena asam oleat juga terdapat pada almond dan kacang pecan.

- Anggur

Pilihlah anggur berwarna ungu karena mengandung resveratrol fitonutrien  yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Sistem tubuh tersebut berperan dalam mengantarkan oksigen ke otak. Jika kebutuhan oksigen terpenuhi, otak bisa bekerja optimal. Anggur mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari sumbatan pada pembuluh darah.

- Ubi

Selain enak, panganan mengenyangkan ini juga kaya nutrisi untuk otak. Ubi mengandung karotenoid yang berperan sebagai pelindung sel otak. Zat tersebut juga mendorong pembentukan vitamin A  yang penting untuk perkembangan neuron (sel saraf yang mengirimkan informasi).

- Bayam

Bayam merupakan bahan yang kaya akan folat, yaitu salah satu vitamin B yang berperan dalam menjaga kesehatan otak. Folat membantu pembentukan neurotransmitter (pembawa sinyal di otak) yang diperlukan dalam proses berpikir dan belajar. Kandungan ini juga membantuk hati dalam mengeluarkan zat-zat beracun agar kesehatan otak tetap terjaga.

- Wijen

Biji Wijen merupakan bahan makanan yang kaya zinc. Kandungan tersebut berperan dalam perkembangan otak dan proses belajar. Zinc juga berpengaruh dalam proses mengingat (memori). Mineral ini membantu kinerja enzim yang menjaga agar trace metal dalam otak tetap seimbang.

- Beras Cokelat

Sekali-kali, coba ganti beras putih kamu dengan beras cokelat. Bahan makanan ini kaya akan vitamin B (riboflavin) yang berperan dalam pembentukan energi untuk otak. Beras cokelat juga mengandung inositol, niasin, dan tiamina yang bermanfaat bagi kinerja otak.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini