8 Jenis Makanan Bikin Otak Cerdas

by
April 14th, 2015 at 8:43 am

CiriCara.com – Anak tumbuh dan menjadi cerdas merupakan harapan orang tua karena akan menghasilkan beberapa prestasi-prestasi yang akan menjadi kebanggaan dari orangtuanya. Banyak yang telah dilakukan para orangtua agar anak-anaknya menjadi apa yang diharapkannya, dari mengikuti kursus, baik privat atau non-privat, mendatangkan guru ke rumahnya.

melatih daya ingat

Otak cerdas – Ist

Memang hal demikian adalah suatu kewajaran, tetapi patut diingat bahwa tidak hanya itu saja yang orangtua perlukan tetapi nutrisi atau asupan kepada anaknya yang perlu diperhatikan sebagai penunjang kecerdasan. Misalnya berupa makanan yang mengandung gizi tinggi dimana dapat meningkatkan konsentrasi belajar si anak juga merangsang sel-sel otak si anak.

Berikut ada beberapa hal makanan yang baik untuk anak terutama otak:

  1. Telur. Telur apapun juga asal bukan telur dinosourus merupakan sumber protein penting harganyapun terjangkau. Mengandung kolesterol yang cukup banyak, bagian kuningnya saja yang kaya akan kolin (zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat)
  2. Salmon. Sejenis ikan laut yang berlemak serta terdapat kandungan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang mempunyai peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan otak. Bahwa Omega-3 tersebut mempunyai fungsi untuk mempertajam daya berpikir dan memperoleh hasil yang cukup bagus pada uji kemampuan.
  3. Selai Kacang. Selai kacang yang terbuat dari kacang tanah mengandung vitamin E, dan mempunyai antioksidan yang berperan penting dalam melindungi membran-membran sel saraf.
  4. Gandung murni. Otak umumnya membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang bersifat stabil atau konstan. Sedangkan gandum murni mempunyai peran mendukung kebutuhan tersebut, serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu dalam pengaturan pelepasan glukoas dalam tubuh, dan makanan tersebut memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara sistem saraf.
  5. Oat atau Oatmeal.  Sejenis sereal yang sangat populer dikalangan anak-anak, dan sangat penting dalam menyediakan energi untuk otak dan sangat diperlukan oleh anak-anak tersebut.
  6. Buah Berri.  Nutrisi dalam kandungan pada buah tersebut sangat penting disamping dalam pencegahan kanker juga ekstrak stroberi dapat memperbaiki fungsi daya ingat, biji dan buahnya juga diketahui mengandung asam lemak omega-3
  7. Daging sapi tanpa lemak. Daging yang tanpa lemak mengandung zat besi yang cukup tinggi juga seng yang bisa membantu dan menjaga daya ingat anak.
  8. Sayuran yang berwarna. Seperti wortel, labu, ubi jalar, bayam serta tomat adalah sayuran yang kaya antioksidan dan nutrisi yang membuat sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat.

Demikian 8 jenis makanan yang dapat mendongkrak kecerdasan otak anak, selamat mencoba.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Cara Memperkuat Daya Ingat Otak

Comment di sini