Apa itu Globalization of Market?

by
April 14th, 2015 at 11:24 am

CiriCara.com – Pernah mendengar kata globalisasi? Apa sih itu globalisasi? Secara umum diketahui globalisasi adalah proses yang menyebabkan efek besar kepada seluruh daerah di belahan dunia. Nah, dalam pelajaran bisnis. Ada yang disebut juga dengan namanya Globalization of Market . Apa sih artinya? Dalam arti Indonesia sudah pasti maksudnya adalah Globalisasi Pasar. Nah saya akan menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan Globalisasi Pasar itu.

Globalisasi Pasar

Globalisasi Pasar – Ist

Dalam sebuah buku Internasional yang saya baca karangan Charles W Hill, dijelaskan bahwa Globalisasi Pasar adalah proses yang menyebabkan penggabungan antara pasar historis dengan pasar nasional yang ebrbeda dan terpisah menjadi suatu wadah atau pasar global yang sangat besar. Jadi dapat dikatakan bahwa Globalisasi Pasar adalah penggabungan dari yang berbeda menjadi suatu pasar yang sama dalam kuota yang lebih besar dimana terjadi secara mendunia.

Dengan adanya pasar secara global ini, maka mereka yang mempunyai perusahaan yang sudah menjadi perusahaan multinasional, dapat memasarkan produknya lebih luas lagi. Dimana dahulu mereka hanya bisa memasarkan di daerah tertentu saja, namun sekarang mereka menyebutnya bahwa mereka bisa memasarkan produk mereka melalui pasar global.

Namun walaupun sudah adanya yang dinamakan globalisasi pasar, namun bukan berarti semua konsumen yang ada mempunyai sifat dan karakteristik yang sama pula. Perbedaan karakteristik kosnumen itu tetap ada di masing-masing negara. Karena dalam hal ini, walaupun adanya globalisasi pasar, namun pasar yang ada secara nasional di tiap masing-masing daerah tetap ada.

Namun dengan adanya globaliasi pasar, maka perdagangan secara internasional mudah untuk dilakukan juga. Berikut beberapa keuntungannya.

1. Berkurangnya bahkan hilangnya hambatan perdagangan sehingga dapat menjual produk kita dalam skala global.
2. Selera dan juga preferensi utama dari konsumen didasarkan pada dunia secara global
3. Dasar dari penawaran produk yang dilakukan oleh pasar secara global pada umumnya adalah sama

Tentu dengan adanya globalisasi pasar ini ada hal negatif dan hal positifnya. Kalau kalian baik sebagai konsumen maupun sebagai pelaku bisnis, tetap harus menjadi indivdu yang cerdas. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini