Apa Itu Vending Machine?

by
April 14th, 2015 at 8:56 am

CiriCara.com – Tahukah kamu apa itu vending machine? Itu lho, mesin berisi minuman kaleng yang sekilas mirip kulkas kaca. Jika kita memasukkan uang, maka minuman kaleng akan keluar sesuai permintaan kita. Apakah kamu pernah menggunakan vending machine?

Vending Machine

Ist

Di Indonesia, keberadaan vending machine mungkin hanya diketahui oleh masyarakat kota besar. Sebab, mesin ini hanya terdapat di beberapa sarana umum, seperti bandara, stasiun kereta api, dan rumah sakit besar. Di negara kita, mesin otomatis ini baru ada sekitar tahun 1996.

Awalnya, vending machine ada di Eropa. Pada tahun 1902, Joe Horn dan Frank Hardart menciptakan mesin yang dinamakan Automat. Mesin ini adalah restoran otomatis. Pembeli cukup memasukkan sejumlah uang ke dalam mesin Automat untuk mendapatkan makanan atau minuman. Tidak ada pelayan (manusia), tetapi ada loket untuk penukaran uang logam. Uang logam inilah yang nantinya dimasukkan ke dalam Automat. Setelah kemunculan restoran cepat saji, seperti Mc Donalds dan Burger King, pamor Automat menurun, hingga akhirnya gulung tikar.

Negara yang terkenal dengan penggunaan vending machine salah satunya adalah Jepang. Di sana, mesin seperti ini selalu ada hampir di setiap sudut kota. Dengan perkembangan teknologinya yang canggih, Jepang menciptakan vending machine yang cukup unik.

Ada reverse vending machine, yaitu mesin pendaur ulang botol dan kaleng kemasan minuman. Mesin seperti ini tentunya dapat membantu mengurangi sampah bagi lingkungan. Menariknya, untuk tiap botol atau kaleng bekas yang dimasukkan ke dalam mesin ini, kita akan mendapatkan kupon. Kupon ini bisa ditukarkan dengan uang atau voucher belanja. Asyik, ya!

Selain itu, perusahaan raksasa seperti Cocacola dan Pepsi juga memiliki mesin sejenis reverse vending machine. Uniknya, mesin ini tak hanya untuk mendaur ulang botol produk mereka. Namun, mesin tersebut dapat digunakan untuk mendaur ulang semua botol atau kaleng. Benar-benar mesin yang cinta lingkungan!

Dengan adanya reverse vending machine, kebersihan lingkungan akan terjaga karena sampah botol akan didaur ulang. Bagaimana menurut kamu, apakah mesin pendaur ulang seperti ini akan dibutuhkan di negara kita?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini