Apa Itu Wasabi?

by
April 14th, 2015 at 10:53 am

CiriCara.com – Jika kamu pernah menikmati masakan Jepang, maka kamu tak asing lagi dengan wasabi. Wasabi (わさび) adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Tanaman yang memiliki nama Latin Wasabia japonica ini dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Dalam bahasa Inggris, wasabi disebut Japanese Horseradish.

Wasabi

Wasabi – Wisegeek

Wasabi hanya dapat tumbuh di lingkungan air jernih dan mengalir, seperti pinggiran sungai. Di Jepang, perkebunan wasabi berada di Matsumoto.

Bagian tanaman wasabi yang dimakan ialah parutan rimpang (rizoma) yang juga disebut wasabi. Daun, tangkai, dan rimpang tanaman wasabi memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tapi bukan pedas di lidah seperti cabai. Jadi, wasabi ini rasanya tidak pedas di lidah, melainkan menyengat rongga hidung. Seperti jika kamu menghirup merica!

Tak hanya wasabi segar, di pasaran tersedia olahan wasabi dalam bubuk kemasan kaleng dan wasabi kemasan tube, seperti krim berwarna hijau.

Di Jepang, daun dan bunga wasabi digoreng sebagai tempura. Bahkan, wasabi digunakan sebagai perasa untuk berbagai produk makanan ringan hingga es krim. Rasa pedas hingga keluar air mata merupakan kenikmatan tersendiri bagi penikmat wasabi.

Proses pembuatan bubuk wasabi cukup unik. Rimpang wasabi diparut dengan oroshigane, yaitu alat parut yang terbuat dari logam. Tetapi, sebagian kecil orang berpendapat bahwa aroma wasabi tidak hilang dan terasa lebih enak bila diparut dengan alat parut tradisional dari kulit ikan hiu. Wasabi hanya diparut seperlunya saja sebelum dimakan karena aroma wasabi akan hilang di udara terbuka.

Tahukah kamu, ternyata rimpang wasabi harganya mahal dan metode pengawetannya sulit, sehingga tak banyak orang menggunakan wasabi segar. Sebagai pengganti, mereka membeli bubuk wasabi dan pasta wasabi kemasan tube. Tetapi, wasabi instan tidak sepenuhnya terbuat dari wasabi. Bubuk wasabi dan wasabi kemasan tube sering dibuat dari bahan pengganti berupa lobak yang dicampur rimpang horseradish dan bahan pewarna makanan. Biasanya, orang mencampurkan bubuk wasabi kemasan kaleng dengan air untuk menghasilkan pasta wasabi yang siap santap. Apakah kamu ingin mencoba rasa pedas wasabi? Tenang, produk ini telah ada di kota-kota besar di Indonesia.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini