Fakta Menarik Seputar Rokok

by
April 14th, 2015 at 9:08 am

CiriCara.com – Merokok membunuhmu, demikian peringatan singkat dan padat yang tertera dalam bungkus rokok, disertai gambar menyeramkan dampak bahaya dari merokok. Sebelumnya, di bungkus rokok, tertera label peringataan berisi pernyataan tentang bahasa rokok dengan kalimat yang cukup panjang. Peringatan Pemerintah: Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan Gangguan Kehamilan dan Janin. Demikian peringatan yang tertera di bungkus rokok, sebelum adanya gambar menyeramkan dari dampak rokok. Namun memang dampak bahaya rokok tak main-main. Selain menyebabkan kerugian kesehatan, juga secara jangka panjang menimbulkan kerugian ekonomi. Karena orang yang didera penyakit karena rokok, mesti harus membuang duit sia-sia akibat kebiasaan buruknya.

berhenti merokok

Rokok – Ist

Karena itu sekarang muncul gerakan anti rokok. Bahkan sudah banyak keluar Peraturan Daerah tentang larangan merokok di area publik yang dilansir beberapa pemerintah daerah. Namun memang, kebiasaan merokok di Indonesia, seperti sudah mengakar kuat. Bagi pemerintah pun, rokok adalah barang yang melahirkan simalakama. Di larang total, tapi industri rokok menyumbang devisa yang signifikan. Tapi, bila dibiarkan, banyak kematian yang ditimbulkan rokok.

Artikel yang saya buat ini, mencoba menyajikan ragam fakta menarik seputar rokok yang saya kumpulkan, kemudian saya sarikan dari berbagai sumber. Ternyata banyak fakta menarik seputar rokok. Salah satunya adalah, ternyata 41 persen laki-laki di Indonesia adalah perokok. Dan 3,5 persen perempuan juga perokok. Mereka, 41 persen laki-laki dan 3,5 persen yang merokok itu usianya berkisar 13 sampai 15 tahun. Fakta yang membuat kita khawatir.

Dan, juga ada sebuah fakta menarik,bahwa merokok itu bisa memperpendek penis sepanjang 1 centimeter. Fakta lainnya, sebuah penelitian mencatatkan perokok di muka bumi ini sudah mencapai jumlah yang sangat besar, yakni 1,3 milyar orang. Dan 900 juta orang dari 1,3 juta perokok itu berasal dari negara-negara berkembang. Salah satunya adalah tentu Indonesia.

Fakta lainnya yang saya kira sangat unik, adalah tentang Bhutan. Jika di Indonesia banyak lahir Perda-perda larangan merokok di area publik, kantor atau pun hotel, larangan merokok di Bhutan lebih maju lagi, bahkan bisa dikatakan radikal. Di Bhutan, mereka yang menjual rokok,atau segala jenis tembakau, atau juga yang kedapatan memiliki rokok, dicap kriminal, yang dapat dikenakan tuntunan pidana. Jadi di Bhutan, menjual, atau memiliki rokok dan tembakau adalah kejahatan.

Nah, fakta lain dari rokok terkait dengan kesehataan. Rokok adalah biang keladi penipisan kulit. Orang yang rokok, akan cepat terlihat tua. Hal ini disebabkan karena rokok dapat menghilangkan vitamin C di dalam tubuh si penghisapnya.

Rokok juga bisa membuat orang kurang bahagia. Sebab hasil penelitian yang dilakukan Essex University, Inggris, remaja yang tidak merokok dan minum alkohol, cenderung enam kali lebih bahagia dibanding yang merokok.

Fakta lainnya soal rokok yang saya dapatkan dari cuitan yang diposting pemilik akun Twitter @11pemain, menyatakan bahwa sejak tahun 1999, industri rokok adalah sponsor kompetisi sepakbola di Indonesia, selain perbankan. Ya, kita pernah punya nama liga dengan embel-embel nama merek rokok, seperti Liga Dunhill, Kansas, Djarum dan lainnya. Fakta lainnya yang saya kutip dari Daily Mail, ibu hamil yang merokok, punya resiko melahirkan anak yang mandul. Jadi, bahaya rokok ini sangat banyak. Bagi para perokok, berhentilah dari sekarang menghisap batangan penyumbang segala masalah.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini