Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan

by
April 14th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Hampir setiap orang menyukai kopi seduhan dicampur gula, begitu nikmat bila diminum di sore hari atau malam hari. Kopi merupakan minuman ringan yang sangat digandrungi oleh beberapa kalangan. Tentunya kita mengenal kopi dari harganya yang sangat  terjangkau hingga ada yang mahal, mengenai khasiat kopi sangat nyaman bagi kesehatan salah satunya adalah bisa meningkatkan mood dan semangat. Akan tetapi bukan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama pada ampasnya yang mana dapat dimanfaatkan untuk perawatan tubuh serta kecantikan tubuh kita.

Cara tampil cantik dengan kopi

Cara tampil cantik dengan kopi / Ist.

Ada beberapa hal mengenai ampas kopi yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:

  1. Dapat mengurangi selulit.  Dengan ampas kopi saja ternyata dapat mengurangi selulit. Caranya cukup dicampur dengan minyak zaitun kemudian dioleskan dan gosok-gosokan ampas kopi tersebut pada daerah munculnya selulit, diamkan selama 10 menitan kemudian cuci dengan air bersih dan secara terus-menerus.
  2. Kulit wajah bikin kencang. Ambilah ampas kopi kemudian dicampur dengan putih telur aduk hingga merata kemudian dioleskan pada bagian wajah, leher. Didiamkan sekitar 15 menitan, kemudian bilaslah dengan air bersih, hal tersebut dilakukan 3x seminggu. Ampas kopi dijadikan masker ini dapat mencerahkan sekaligus mengurangi kerutan-kerutan kulit wajah.
  3. Menghilangkan bau amis/anyir.  Saat kita akan memasak ikan, biasanya masih berbau amis/anyir, walaupun sudah dicuci dengan sabun, akan tetapi bau amisnya akan tetap ada. Caranya adalah ambil ampas kopi kemudian gosokan pada bagian ikan secara merata. Setelah itu bilas dengan air seperti biasa.
  4. Menyehatkan sekaligus menyuburkan rambut.  Keramas dengan ampas kopi tentu tidak lazim, akan tetapi ampas kopi bisa menjadikan rambut kita berkilau, disamping itu ampas kopi bisa juga membantu tumbuh rambut menjadi lebih cepat. Penyebabnya adalah ampas kopi akan merangsang folikel pada rambut agar berfungsi secara maksimal, dengan demikian rambut akan lebih cepat subur. Caranya adalah sebelum melakukan aktivitas keramas, balur dan taburkan ampas kopi secara merata di kepala rambut, setelah itu berilah pijitan ringan dengan kedua jari kita. Setelah sudah cukup, maka bilaslah rambut yang sudah diratakan dengan ampas kopi tadi.

Demikian sekilas info tentang penggunaan sisa ampas kopi yang digunakan untuk kesehatan luar tubuh kita.

Penulis: MasArif

Comment di sini