Paprika Mampu Jaga Kecantikan Kulit

by
April 14th, 2015 at 2:42 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu makan paprika atau menambahkan paprika ke dalam masakan? Ternyata selain bisa dimasak, sayur yang sekilas mirip tomat ini memiliki banyak manfaat.

Paprika

Ist

Paprika merupakan jenis sayuran yang mirip dengan cabai. Tanaman bernama ilmiah Capsicum annuum ini memiliki rasa yang tidak begitu pedas, namun beraroma kuat dan fresh.

Paprika berasal dari daerah Amerika Selatan. Sayuran ini kaya nutrisi, lho! Daging paprika mengandung vitamin E dan C yang sangat baik untuk kulit. Dengan kandungan tersebut, maka dianjurkan untuk perempuan agar mengonsumsi paprika secara teratur, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam. Jadi, problem kulit seperti ruam dan jerawat di wajah bisa dicegah. Kandungan betakaroten dalam paprika juga bisa mengatasi keriput dan kulit kering.

Selain kandungan vitamin yang bervariasi, paprika juga mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor, asam folat, kalsium serta betacryptoxanthin. Untuk mendapatkan manfaat paprika yang bagus dapat dilakukan dengan cara membuat jus paprika, sebab kandungan vitamin yang bervariasi dalam buah paprika dapat menambah dan memulihkan energi.

Tahukah kamu, paprika juga mengandung vitamin A. Bahkan, paprika merah dan paprika oranye diketahui mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kesehatan mata pada usia lanjut, seperti katarak.

Mengonsumsi paprika sama dengan mencegah stroke dan penyakit jantung. Kandungan asam folat dan vitamin B6 sangat efektif menurunkan kadar homosistein dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Kandungan serat dalam paprika membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab penyakit jantung.

Manfaat lain paprika ialah mampu mengatasi kebotakan. Nah, lho! Paprika memiliki kandungan silika, yaitu senyawa yang dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral. Silika yang terdapat dalam paprika ini akan membantu mencegah kerusakan rambut serta menjaga rambut agar tetap tebal. Ekstrak paprika merupakan salah satu obat penyubur rambut sekaligus membantu menumbuhkan jaringan rambut yang baru.

Banyak sekali manfaat paprika. Apakah sekarang kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi paprika?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini