Protein Terbaik Ada di Serangga

by
April 14th, 2015 at 11:44 am

CiriCara.com – Bagi sebagian orang, serangga memang belum lumrah dimakan. Hewan ini masih terkesan menjijikkan untuk dikonsumsi. Namun, seseorang mungkin berubah pikiran setelah tahu gizi terbaik di dalam tubuh serangga.

Kuliner dari Serangga

Kuliner dari Serangga – Ist

- Lebih Baik dari Daging Sapi

Protein terbaik disebut-sebut berasal dari serangga. Hal ini diungkapkan oleh ahli entomologi dari Wageningen University, Belanda, Arnold van Huis, Ph.D. , dilansir dari menshealth.co.id. Pakar tersebut bahkan mengatakan, dalam beberapa hal, serangga lebih baik daripada daging sapi. Pada berat yang sama dengan daging sapi, kandungan protein dalam jangkrik bahkan dua kali lipat.

- Jenis Terbaik

Tidak hanya soal kandungannya yang jauh lebih banyak dari daging sapi, protein dalam serangga juga merupakan jenis yang terbaik. Protein tersebut mengandung sembilan asam amino esensial.

- Keistimewaan Jangkrik

Magnesium yang terdapat pada jangkrik juga lebih baik dari daging sapi. Kandungan magnesiumnya mencapai lima kali lipat lebih banyak. Magnesium berkhasiat untuk menekan resiko penyakit jantung sebanyak 22%. Mineral tersebut juga mengurangi resiko diabetes tipe 2. Lebih dari itu, jangkrik juga mengandung zat besi tiga kali lipat lebih besar dibanding daging  sapi.

- Seperti Menelan Sapi

Jika memakan serangga, Anda sama saja dengan menelan sapi. Ini karena Anda tidak hanya memakan daging serangga tetapi juga tulang dan bagian tubuh lainnya, tidak seperti  memakan sapi. Karenanya, Anda bisa memperoleh manfaat kalsium, vitamin B12, dan zinc dari tubuh serangga.

- Masa Depan Makanan Serangga

Pasar untuk mahakan berbahan baku serangga diperkirakan cerah. Pendiri World Ento, Harman Johar, memperkirakan ada 25 perusahaan kecil dan sedang yang akan menjual makanan berbahan jangkrik di Amerika Serikat.  Namun, hal ini masih dianggap menantang karena masih sulit mengajak orang untuk memakan serangga. Orang Amerika lebih mudah memakan insect bar daripada serangganya. Sebenarnya, jika mereka berhasil mengatasi rasa jijik, serangga bisa jadi panganan lezat.

- Bakso Serangga

Van Huis, penulis laporan Food and Agriculture Organization, membuat sebuah percobaan. Pria tersebut membuat dua jenis bakso yang salah satunya terbuat dari daging sapi utuh dan lainnya berbahan separuh larva kumbang. Konsumen dipastikan tidak dapat membedakan bahan baku pada kedua bakso itu. Hasilnya, sembilan dari 10 orang memilih bakso serangga.

- Tepung Serangga

Kini, tren makanan merambah bahan baku dari serangga. Hewan tersebut dibuat tepung yang menjadi bahan kue, kripik, bar, dan lain-lain. Terbukti, tepung serangga memiliki kandungan kalori, protein, serat, zinc, zat besi, dan magnesium yang paling tinggi dibanding sirloin (daging sapi bagian punggung belakang), telur orak-arik, dan susu segar. Kandungan kalsiumnya hanya satu milligram lebih rendah daripada susu segar.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini