10 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

by
April 15th, 2015 at 8:53 am

CiriCara.com – Buah nangka atau Artocarpus heterophyllus termasuk golongan suku Moraceae. Ukuran pohonnya bisa mencapai 20 meter dan ada yang mencapai 30 meter. Batangnya bulat silindris mencapai 1 meter. Tajuknya lebat dan padat, melebar serta membulat di tempat terbuka. Semua bagian tumbuhan selalu mengeluarkan getah putih pekat apabila terkena goresan.

buah nangka

Buah nangka – Ist

Buah nangka merupakan buah yang memilki daging yang berserat dan mempunyai rasa dan bau yang khas. Buah ini mempunyai zat tepung dan terkenal juga karena bermanfaat bagi kesehatan. Banyak vitamin yang terkandung dalam buah nangka seperti vitamin A, C, Kalium, Kalsium, Thiamin, Ribofalin, zat besi, Niasin dan Seng.  Buah nangka juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga sangat baik bagi pasien berpenyakit jantung.

Beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan, yaitu:

  1. Kalium pada kandungan buah nangka dapat mengurangi penyakit seperti jantung disebabkan dapat menurunkan tekanan darah.
  2. Zat besi dalam kandungan buah nangka dapat mencegah terjadinya anemia serta dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  3. Akar pohon nangka dapat dijadikan obat untuk penderita asma. Rebusan akar dan ekstraknya nangka dapat membantu mengontrol asma.
  4. Mineral mikro dan tembaga pada buah nangka, sangat efektif dalam metabolisme tiroid, dan sangat baik untuk memproduksi hormonal dan penyerapan.
  5. Buah nangka sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang pada anak-anak.  Kandungan magnesium pada buah nangkat memperkuat tulang serta mencegah tulang menjadi keropos.
  6. Gizi buah nangka mengandung vitamin C dan A serta nutrisi antioksidan yang dapat menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi infeksi dari virus dan bakteri.
  7. Kandungan pyto-nutrisi dan vitamin C pada buah nangka bersifat anti kanker serta anti penuaan dini. Nutrisi tersebut dapat menjauhkan dari penyakit kanker serta memperlambat regenerasi sel dalam pencegahan dari penyakit degenerative.
  8. Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang terdapat pada buah nagka dapat menjadikan sumber energi yang bagus bagi tubuh.
  9. Penyembuhan borok yang akut, buah nangka tersebut dapat mencegah sembelit serta memperlancar gerakan usus.
  10. Bermanfaat sebagai kesehatan mata dan kulit, karena buah nangka ini mengandung vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata dan memperlembut kulit.

Penulis: MasArif

Comment di sini