3 Penyakit yang Sering Menyerang Ginjal

by
April 15th, 2015 at 10:50 am

CiriCara.com – Ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh. Ginjal sendiri pada umumnya berfungsi dalam proses penyaringan darah dan penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna. Serta ginjal lah yang nanti akan menghasilkan yang namanya air seni.

Ginjal

Ist

Namun dikarenakan letak ginjal berada di dalam tubuh dan tidak terlihat secara kasat mata, kita jarang memperhatikannya. Padahal ginjal merupakan organ yang apabila tergangu, maka hal itu akan berdampak pada kinerja organ lain. Jika kalian masih menganggap remeh dalam memperhatikan ginjalmu, mungkin dengan beberapa hal di bawah ini dapat membuat kalian sadar.

1. Radang Ginjal

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata radang. Biasanya adalah disebakan karena luka dan infeksi oleh kuman. Begitu juga yang terjadi pada ginjal. Radang ginjal disebabkan karena ginjal telah mengalami luka dan terserang infeksi kuman. Lalu apa dampaknya? Radang ini dapat membuat kinerja ginjal menjadi menurun dan menyebabkan nyeri. Tentu saja radang dapat diobati dengan obat antibiotik atau pun pola hidup dan makanan serta minuman sehat yang kita konsumsi.

2. Batu Ginjal

Dulu kalau kita masih kecil dan ingin pipis, lalu kita menahannya, sebagian besar orang tua kita akan mengatakan bahwa kalau mau buang air kecil jangan ditahan, karena akan mengakibatkan air seni kita beurbah menjadi batu. Yah, memang batu ginjal disebabkan salah staunya karena kita sering menahan buang air kecil. Kenapa? Karena di dalam air seni terkandung mineral-mineral hasil dari penyaringan ginjal. Bila air seni tidak segera dikeluarkan, maka mineral tersebut akan mengendap, jika mengendap terlalu banyak, maka akan mengeras dan dinamakan dengan batu ginjal. Dapat disembuhkan dengan konsumsi obat atau jika sudah parah harus dilakukan tindak operasi.

3. Gagal Ginjal

Ini yang paling bahaya. Kalau sudah gagal ginjal, berarti ginjal sudah tidak berfungsi, maka kita harus cuci darah dalam mempertahankan hidup. Dapat diobati dengan yang namanya transplatasi atau penggantian ginjal. Ginjal untuk hal ini haruslah mempunyai struktur darah yang sama, jadi sangat sulit didapatkan.

Tetaplah hidup sehat, maka organ tubuhmu akan terjaga pula. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini