4 Manfaat Konsumsi Gandum Utuh

by
April 15th, 2015 at 9:02 am

CiriCara.com – Gandum dikenal sebagai salah satu makanan pokok terutama untuk di negara barat. Kalau di negara kita sendiri, gandum sering dikonsumsi dalam olahan capuran kue atau pun roti. Pasti kalian juga sering mendengar dong kalo kita mengkonsumsi gandum terutama gandum utuh, maka hal itu akan sangat berguna untuk tubuh kita.

Gandum / Ist.

Gandum / Ist.

Namun, jangan cuma tahu sehatnya saja. Kalian harus tahu manfaat secara spesifik yang akan tubuh kalian dapatkan jika mengkonsumsi gandum utuh ini. Berikut akan saya bahas manfaat apa saja sih yang akan tubuh kita dapatkan jika mengkonsumsi gandum utuh ini. Berikut manfaatnya.

1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Sering dong lihat iklan di televisi tentang manfaat konsumsi gandum utuh dari salah satu produk yang menjual gandum utuh? Yah, ternyata gandum utuh memang mempunyai manfaat sendiri daripada gandum yang sudah diolah lebhih lanjut. Salah satu bentuk makanan dalam gandum utuh ini adalah oat. Ternyata gandum utuh mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Apa gunanya? Ya tentu saja dengan adanya serat, maka kolestrol dalam tubuh kita akan berkurang.

2. Menjaga Berat Badan

Tetangga kos saya melakukan diet dengan caranya sendiri yaitu mengganti posisi nasi dengan oat atau gandum utuh. Dan ternyata dietnya itu berhasil. Dalam waktu sekitar dua minggu, dengan konsumsi rutin, ia berhasil mengurangi berat badan sebanyak 4 kg. Hal ini dikarenakan gandum utuh yang mempunyai serat yang tinggi, turut menyerap kelebihan lemak dalam tubuh sehingga mengontrol berat badan kita.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Nah, di iklan promosi produk oat juga menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan berupa gandum utuh, maka akan melindungi kesehatan jantung kita. Ya, kandungan dalam gandum utuh menghalangi segala lemak jahat serta memperlancar peredearan dan kerja jantung.

4. Memperlancar Pencernaan

Serat yang terkandung dalam gandum utuh adalah takaran serat yang tinggi sehingga serat tersebut membantu organ pencernaan dalam melakukan metabolismenya yaitu memperlancara pencernaan tubuh.

Begitu banyak manfaat lain dari konsumsi gandum utuh. nantikan pembahasan manfaat dari makanan lain melalui artikel saya selanjutnya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini