Apa Itu Flier (Selebaran)?

by
April 15th, 2015 at 1:38 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu menerima selebaran ketika kamu berjalan kaki atau sedang berkendara motor? Biasanya, selebaran itu berisi tentang promosi produk, informasi cicilan motor, pengobatan alternatif, opening toko atau kedai baru, dan sebagainya. Selebaran yang kamu dapat itu disebut juga flier, flyer, handbill, atau sederhananya brosur tanpa lipatan.

Flier

Flier – Ist

Flier adalah media massa cetak yang berfungsi untuk publisitas suatu produk atau servis, acara, dan lain-lain. Tahukah kamu, mengapa brosur tanpa lipatan ini disebut flier? Ternyata, ada sejarah di balik kata ‘flier’. Media ini sudah ada sejak zaman Perang Dunia II sebagai alat propaganda dan pemberitaan perang. Dulu, flier disebarkan melalui udara dari pesawat terbang. Sehingga, orang-orang akan menemukan selebaran ini berserakan di tanah.

Uniknya, di Indonesia, brosur tanpa lipatan ini seringkali tidak berwarna dan diperbanyak dengan cara difotokopi agar lebih menghemat biaya. Atau, dicetak dengan printer, tetapi monokrom. Ukuran flier pun bervariasi, namun kebanyakan berukuran lebih kecil daripada A4. Ada flier yang berukuran A5, ada pula yang berukuran sepertiga dari A4.

Menurut Surianto Rustan dalam bukunya Layout Dasar dan Penerapannya (2014), flier memiliki elemen utama, yakni judul, subjudul, bodytext, dan mandatori antara lain: tempat, tanggal, jam, nama atau nomor yang bisa dihubungi, logo perusahaan, dan lain-lain.

Saat ini flier digunakan sebagai media massa cetak untuk berbagai bidang. Ada flier jasa kuliner, elektronik, acara pameran, bazar, acara sosial, dan sebagainya. Pendistribusian flier saat ini pun berbagai cara, seperti membagikan langsung ke pejalan kaki atau pengendara motor, diselipkan di pintu rumah, diselipkan di antara halaman surat kabar, ditempel di tiang, diselipkan di kaca mobil ketika parkir, dan diletakkan pada flier-stand kantor atau hotel.

Flier dan brosur adalah dua media massa cetak yang hampir mirip. Tujuannya sama, yakni memberikan informasi atau promosi suatu produk atau jasa. Untuk mempermudah membedakannya, adalah ukuran dan warnanya. Flier berukuran lebih kecil dari A4, tanpa lipatan, dan kadang tidak banyak warna (monokrom). Sedangkan brosur berukuran lebih besar dari flier. Brosur ada yang dilipat dan ada yang tanpa lipatan. Umumnya, brosur didesain dengan banyak warna dan dibagikan di tempat khusus, seperti tempat pameran atau stand produk yang relatif mahal.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini