Batu Cincin Lambang Kemilau Nusantara

by
April 15th, 2015 at 9:27 am

CiriCara.com – Harta terpendam yang dimiliki Ibu Pertiwi seperti tiada dapat terhitung. Mulai dari ragam budaya hingga sumber daya alam. Bahkan tiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing. Sebagai bangsa yang telah merdeka bukan dari hasil pemberian melainkan dari perjuangan para pahlawan, kita patut berbangga diri sebab pesona alam Indonesia terkenal hingga mancanegara.

batu akik

Penjual batu akik – Ist/Merdeka.com

Jika kamu termasuk orang yang doyan berpenampilan etnik dengan lebih memilih menggunakan kain tradisional khas nusantara. Kini saatnya kamu perlu menyempurnakan pesona gayamu dengan aksesoris yang juga asli dari kekayaan daerah. Seperti yang sedang marak beberapa waktu ini. Pasti kamu pernah melihat penjual batu cincin atau setidaknya kamu menemukan orang dengan jemari yang dibalut cincin yang bertahtakan batu.

Jelas saja jika seseorang yang mengenakannya berasa memiliki kebanggaan tersendiri. Pasalnya batu cincin tersebut didapatkan dari penambangan tradisional di Indonesia. Ini merupakan bukti yang semakin menegaskan bahwa alam Indonesia kaya akan beraneka ragam sumber daya alam, karena tidak semua negara di dunia memiliki kandungan batu yang benilai seni dan berdaya jual tinggi.

Terdapat puluhan jenis batu cincin. Namun, ada beberapa yang menjadi pilihan favorit. Umumnya, itu tergantung dari bentuk, keindahan dan ‘bumbu-bumbu’ mistis batu cincin tersebut. Berikut tiga jenis batu cincin yang paling diincar banyak orang.

- Bacan

Berasal dari Pulau Bacan, yang termasuk wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Keunikan batu ini terletak pada proses kristalisasi alami yang membuat warna batu bisa berubah sendiri. Para kolektor mempercayai, semakin bening warna batu, maka akan semakin mendatangkan rezeki.

- Kalimaya atau Opal

Bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Banten, Jawa Barat dan Kalimantan. Keunggulan batu ini adalah perpaduan warna menarik yang tidak mudah pudar. Banyak yang percaya, kilau cahaya yang dipancarkan batu kalimaya menggambarkan suasana hati sang pemilik. Semakin terang kilaunya, maka pemilik sedang dalam kondisi sangat bahagia.

- Kecubung

Batu unik ini memiliki warna ungu. Kecubung yang terkenal berasal dari Kalimantan. Banyak yang memercayai bahwa batu ini cocok digunakan oleh wanita karena menjadi simbol keanggunan. Tetapi banyak juga kolektor pria yang menggunakannya, sebagai simbol kewibawaan.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini