Cara Menentukan Pilihan Kost

by
April 15th, 2015 at 1:25 pm

CiriCara.com – Pasti ada di antara kamu yang sebentar lagi akan menyelesaikan masa-masa indah SMA berencana untuk melanjutkan studi di luar kota. Selain berharap bisa menyandang gelar mahasiswa di universitas yang kamu idam-idamkan, pasti terbersit juga rasa penasaran kelak apa yang terjadi saat kamu hidup bebas jauh dari keluarga. Baru mengkhayal aja udah seru banget, apalagi kejadian beneran.

Kos

Kos – Ist

Menjadi mahasiswa ‘rantau’ yang hidup nge-kos memang memiliki keasyikan tersendiri. Sebab kamu harus menjalani hidup yang penuh ‘kreativitas’. Enggak akan ada lagi suara mama yang akan membangunkan kamu, mengingatkan supaya enggak telat berangkat kuliah atau makanan yang selalu tersedia saat kamu lapar.

Ketika kamu menjadi mahasiswa rantau yang ngekos, kamu harus bisa hidup mandiri dan disiplin dalam segala hal. Saat di luar kota nanti, kosan akan menjadi tempat tinggal kamu. Jika kamu salah menentukan pilihan, maka kamu harus bersiap dengan pertaruhan kenyamanan hidupmu. Ingat-ingat tips di bawah ini jika suatu hari nanti kamu berencana untuk nge-kos.

- Sesuai

Siapa sih yang mau rugi? Nah, makanya kamu harus survey ke beberapa rumah kos untuk mengetahui perbandingan biaya sewa sebelum kamu menjatuhkan pilihan. Jangan sampai kamu membayar terlalu mahal. Padahal tidak sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Biaya sewa biasanya sangat relatif. Ini bergantung pada letak lokasi kosan, fasilitas yang tersedia, atau adanya tambahan pelayanan seperti jasa laundry, catering, dll.

- Seimbang

Jika kamu memilih kosan yang kamar mandinya di luar kamar. Berarti kamu harus mempertimbangkan keseimbangan jumlah kamar dengan jumlah kamar mandi. Ini sangat penting bukan sekedar membuat kamu tidak memiliki antrian mandi yang panjang ketika bangun kesiangan, tetapi juga menolong kamu saat kebelet sakit perut. Perbandingan yang ideal misalnya, ada enam kamar dengan dua kamar mandi. Selain melihat keseimbangan antara jumlah kamar mandi dengan kamar, hal yang tidak boleh luput dari perhatian kamu juga adalah ketersedian lahan parkir. Apakah luas lahan parkir cukup untuk menampung sejumlah kendaraan yang dimiliki oleh anggota kos.

- Strategis

Biasanya salah satu alasan orang untuk memilih kosan adalah lokasi startegis yang dekat dengan tempat mereka beraktivitas entah itu kampus atau kantor. Nah, kamu juga harus memperhatikan lokasi kosan yang strategis dengan tempat yang tidak jauh untuk membeli makan. Hal ini penting karena kamu mungkin tak memiliki waktu luang untuk memasak atau niat yang cukup kuat untuk melakukannya. Sehingga dekat dengan warung makan akan sangat membantu memadamkan rasa lapar yang tiba-tiba menyerang.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel lainnya: Cara Mengatur Keuangan Bagi Perantau

Comment di sini