Cara Mengenali Brownies Ganja

by
April 15th, 2015 at 2:49 pm

CiriCara.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) baru-baru ini berhasil mengungkap sindikat pengedar narkotika jenis ganja dengan modus baru. Dimana pelaku menjual ganja miliknya dengan cara dijadikan campuran kue brownies dan juga cokelat. Pelaku memasarkan brownies ganja buatannya melalui situs online.

Brownies Ganja

Ist

Untuk itu juru Bicara BNN, Komisari Besar Slamet Pribadi mengimbau agar warga lebih berhati-hati dalam memesan atau membeli kue dari luar. Slamet menyarankan agar membeli kue di toko yang sudah terpercaya dan terbukti kejujurannya.

Menurut Slamet, peredaran ganja bentuk kue tersebut sulit dikenali dibanding dengan ganja bentuk lintingan seperti rokok. Meskipun dicampurkan ke dalam adonan kue, efek ganja tersebut tetap berasa sama kuat seperti ganja linting rokok.

Lalu adakah cara untuk mengecek apakah brownies tersebut ada ganjanya atau tidak?

Slamet mengatakan, cara untuk mengecek kandungan ganja di suatu makanan itu hanya bisa dilakukan melalui tes laboratorium. “Karena makanan sulit dideteksi secara fisik,” katanya, seperti dikutip dari Tempo.co, Rabu (15/4/2015).

Jadi cara yang paling aman agar terhindar dari brownies ganja tersebut adalah membeli di toko kue yang terpercaya. Jika ingin membeli secara online, pastikan toko tersebut memiliki alamat jelas. Jika masih ragu, lebih baik Anda buat kue brownies sendiri saja.

Sebelumnya, bisnis brownies ganja tersebut terbongkar setelah salah satur korban melapor ke polisi. Ada seorang anak yang tak kunjung bangun dari tidurnya setelah makan brownies. Setelah melapor, ternyata diketahui hal itu terjadi karena efek ganja yang ada di brownies.

BNN kemudian melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil menangkap sejumlah pelaku, yakni OJ (21 tahun), AH (21 tahun), IR (38 tahun), YG (23 tahun), dan HA (37 tahun). Lima pelaku ini diketahui beroperasi di Blok M Plaza.

Sasaran para pelaku adalah kalangan remaja, pelajar, mahasiswa, dan pecandu ganja yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Mereka memasarkan brownies ganja melalui jasa kurir. Dimana satu kotak brownies ganja dibanderol Rp 200 ribu.

Kejadian tersebut kembali menjadi peringatan buat para orang tua untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaga dan mengawasi si buah hati. Jangan sampai anak yang terlihat sedang mengkonsumsi brownies biasa ternyata malah mengkonsumsi brownies ganja.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ditemukan peredaran brownies ganja di tempat-tempat lain. Diduga para pelaku memang belum sempat mengedarkan brownies ganja tersebut ke pusat perbelanjaan lain.

(YG)

Comment di sini