Evaluasi Pasca UN 2015

by
April 15th, 2015 at 10:33 am

CiriCara.com – Tanggal 13 hingga 15 April 2015 merupakan peristiwa fenomenal yang dilakukan seumur hidup oleh siswa-siswi SMA/SMK diseluruh Indonesia yaitu Ujian Nasional, semua orangtua yang mempunyai anaknya yang bersekolah di SMA/SMK H2C atau harap-harap cemas, apalagi para pendidik/guru juga demikian, pra ujian sudah melakukan ritual-ritual dari ritual wajar sampai yang tidak wajar. Mungkin jam ini sudah usai ujian nasional hari pertama. Bagi individu peserta didik ada yang biasa-biasa saja (bagi yang prestasi), santai-santai saja (bagi yang juara kelas), khawatir, ketakutan (bagi yang pas-pasan). Begitu juga dengan orangtua/guru-guru mereka.

un 2014

Ujian Nasional (UN) – Ist

Tetapi hasil ujian nasional (UN) tahun 2015 ini tidaklah menjadi penentu kelulusan siswa-siswi dalam menempuh ujian akhir, sebab sistem penilaian kelulusan siswa adalah nilai hasil ujian nasional dan ujian sekolah sehingga pemerintah akan disibukan dengan namanya evaluasi pasca ujian nasional. Evaluasi hasil pasca ujian nasional dikaitkan dengan evaluasi pembelajaran, evaluasi ini adalah kegiatan dan kemajuan para siswa dalam belajar yang dilakukan secara terus-menerus dan berkala yang biasanya berbentuk ujian sekolah, tugas, praktikum atau penilaian dari guru. Oleh sebab itu peran guru sangatlah penting untuk menentukan kebijakan yang relevan demi kemajuan dan kebaikan sistem yang diterapkan di sekolah.

Kelulusan 100 persen atau ada yang tidak lulus pada ujian nasional tahun 2015 ini, seorang pendidik/guru harus melakukan evaluasi baik secara internal sekolah ataupun eksternal, agar bisa menentukan mutu pendidikan yang lebih baik lagi. Evaluasi internal adalah melihat kembali tingkat keberhasilan (kelulusan) dan kelemahan yang dihadapi sekolah tersebut, diantaranya:

  • Visi, misi serta tujuan dan sasaran yang jelas
  • Kurikulum yang sesuai dan bisa menguasai kurikulum walaupun sering berubah-ubah setiap pergantian menteri
  • Pendidik dan tenaga kependidikan yang professional

Adapun evaluasi eksternal ditujukan kepada publik misalnya peluang dan tantangan yang dihadapi sekolah, diantaranya:

  • Menjaga kepercayaan yang positif dari masyarakat
  • Memenuhi harapan yang baik dari para orangtua siswa
  • Memenuhi kebutuhan yang berkepentingan.

Dan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai, maka peserta didik/guru diberi kebebasan dalam mengelola pendidikan, karena apabila guru tidak memiliki kebebasan dalam memberikan evaluasi pasca ujian nasional maka tentunya akan menghambat cara kerja guru yang bersangkutan.

Demikian tentang evaluasi pasca ujian nasional 2015 yang dilakukan oleh peserta didik, pihak sekolah dan perangkat pendidikan. Semoga bermanfaat

*Dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

 

Comment di sini