5 Manfaat Pohon Lontar Bagi Kesehatan

by
April 16th, 2015 at 1:39 pm

CiriCara.com – Sebelum masyarakat Nusantara belum mengenal kertas, daun lontar sebagai media tulis. Naskah-naskah dari para punjangga keratin atau ajaran-ajaran Hindu ditulis menggunakan daun lontar. Tidak hanya sebagai bahan kertas. Pohon lontar juga mempunyai banyak kemanfaatan, termasuk sebagai obat.

Buah Pohon Lontar

Buah Pohon Lontar – Ist

Lontar secara dhohir mempunyai bentuk pohon yang tinggi menjulang tanpa cabang, pohon lontar tingginya tidak kalah dengan pohon kelapa, maklum karena pohon lontar ini termasuk golongan tumbuhan monokotil. Postur batangnya bisa lebih besar. Daunnya juga unik dan memiliki daun yang memiliki bentuk menjari, berbentuk seperti kipas yang lebarnya antara 1-3 meter. Saking lebarnya daun inilah digunakan sebagai ‘buku’ karena ukurannya.

Secara geografis pohon lontar menyebar ke berbagai negara seperti Sri Lanka, India, Asia Tenggara hingga Papua. Dan diperkirakan asalnya dari Sri Lanka dan India, di India pohon lontar ini dijadikan tameng angin, yang unik lagi bahwa daun lontar dimanfaatkan oleh burung, binatang liar, serta kelelawar sebagai ‘halte alami’

Telah disebutkan sebelumnya bahwa daun lontar dahulunya atau mungkin saat sekarang ini masih dijadikan sebagai bahan pembuat buku, disisi lain bahwa secara keseluruhan dapat digunakan sebagai obat, seperti :

  1. Sumber Karbohidrat. Daging daripada buah lontar berwarna putih dan transparan tersebut mempunyai kandungan karbohidrat yang melimpah seperti glukosa, air serta sukrosa, protein, serat dan mempunyai lemak yang rendah.
  2. Niranya berfungsi sebaga pengganti cairan tubuh. Sebatang pohon lontar bisa menghasilkan 6 liter nira, nira ini dapat digunakan sebagai minuman isotonic (pengganti cairan tubuh). Berbeda dengan isotonik yang beredar di pasaran, isotonic dari nira lebih enak dan alami.
  3. Penawar Sakit Liver.  Bunga siwalan/lontar bisa sebagai obat alternatif dalam mengobati sakit liver, dan bagian buah yang telah tua dapat dijadikan obat kulit (dermatitis).
  4. Kesehatan ginjal. Legen atau nira yang dihasilan dari pohon lontar dapat digunakan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tetapi harus hati-hati kalau membeli secara langsung ke penjualan nira, biasanya dicampuri dengan bahan lain. Lebih baik yang lebih alami dari pohon secara langsung.
  5. Obat pembersih mulut. Rebusan kulit batang pohon nira bila ditambah garam sangat berkhasiat sebagai pembersih mulut

Demikian tentang 5 Manfaat Pohon Lontar bagi Kesehatan, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini