7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

by
April 16th, 2015 at 3:08 pm

CiriCara.com – Buah markisa merupakan jenis buah yang tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora dan merupakan tanaman tropis dari sub tropis Amerika. Buah markisa dari beberapa negara mempunyai nama yang berbeda-beda seperti : Maracuya (Spanyol), Maracuja (Portugis), Passion Fruit (Inggris), Pasiflora (Israel), Chanh leo (Vietnam). Di Indonesia sendiri buah markisa terdapat dua jenis, markisa ungu (passiflora edulis) tumbuhnya berada di datarang tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh berada di dataran rendah. Dan sentra atau daerah penghasil markisa yaitu di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

markisa

Ist

Kandungan buah markisa mempunyai nutrisi yang berlimpah, mulai dari mineral, vitamin, serta, antioksidan dan sebagainya. Buah yang sering dibuat sirup (terutama di Sumatera Selatan) mempunyai rasa yang nikmat bila dijadikan minuman, baik minuman dingin atau minuman anget. Selain sebagai minuman, markisa mempunya manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu menjaga kebugaran tubuh kita. Kemanfaatan buah markisa sangat baik bagi ibu yang sedang hamil karena dapat menjaga ketahanan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh yang lain adalah:

  1. Sumber vitamin C, kandungan vitamin C pada buah markisa merupakan salah satu buah yang mempunyai vitamin tersebut sekitar 50%. Apalagi manusia dalam sehari memerlukan vitamin C tersebut, jadi apa salahnya agar mengkonsumsi buah markisa sebanyak-banyaknya.
  2. Sumber antioksiden. Karena kandungan antioksidan yang cukup, maka buah tersebut mampu melawan berbagai penyakit seperti peradangan dan kanker.
  3. Kesehatan pencernaan.  Masalah pencernaan seperti sembelit, buah markisa dapat mengatasinya, tidak hanya sembelit tetapi masalah lambung, pengobatan hyperacidity, dan ulkus duodenum.
  4. Kandungan folat yang bagus. Pada buah markisa terdapat folat yang cukup baik, asam folat tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, mental serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi yang dikandunganya. Asam folat tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta dapat memacu sirkulasi.
  5. Menstabilkan berat badan.  Bagi yang kegemukan atau gendut maka mengkonsumsi markisa sangat disarankan, sangat tidak enak kan bila badan seperti drum. Buah markisa berkalori rendah sangat cocok untuk menurunkan berat badan tetapi jangan khawatir walau berkalori rendah, tetapi mengandung karbohidrat dan gula secara alami dan secara cepat meningkatkan stamina.
  6. Mengandung serat, kalium. Kedua kandungan tersebut seperti serat dibutuhkan untuk diet serta menurunkan kolesterol dalam darah serta dapat melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi zat racun dalam usus besar.  Adapun kalium dalam buah markisa dapat membantu mengatur detak jantung serta kestabilan darah.
  7. Baik untuk penyakit asma. Kandungan vitamin C dalam buah markisa dapat juga mencegah serangan gejala asam atau memblokir zat histamine yang menyebabkan gejala asma.

Demikian tentang manfaat markisa untuk kesehatan, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini