8 Aturan Bagi Wirausaha Pemula

by
April 16th, 2015 at 11:58 am

CiriCara.com – Apabila kita melihat keberhasilan Bill Gates atau Mark Zuckenberg pastinya akan tergiur dengan kekayaannya yang samakin luar biasa, namun sadarkah kita, bahwa mereka berdua pada awalnya memulai dari usaha yang kecil mereka, dan tak satupun dari mereka berdua atau yang lain yang bakal menduga akan seberhasil ini. Sebuah perusahaan pemula yang berubah suatu saat menjadi perusahaan yang sukses tentu akan memperoleh laba milyaran bahkan triliunan.

Ist

Ist

Berikut ada 8 aturan yang harus dipatuhi untuk memulai usaha kecil, daftar ini guna membuat kita akan termotivasi dengan sadar sesuai kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar impian terdahsyat selama anda berbisnis.

  1. Realistislah. Cobalah melihat di sekitar anda dan cari contoh sukses dari modal bisnis yang ingin dikehendaki, kemudian dipelajari. Apabila tidak dapat menemukannya, entah anda sangat jeniusnya maka hal ini tidak akan terjadi di dunia nyata.
  2. Dilarang menginvestasikan uangnya sendiri. Kebanyakan bisnis memiliki resiko yang sangat besar, maka carilah rekanan bisnis, dan apabila berjalan tidak sesuai dengan rencana, maka anda tidak akan pernah bangkrut karena ada rekanan dan tidak dikejar-kejar utang piutang.
  3. Perbudaklah diri sendiri, jika anda sungkan bekerja keras, maka lemburlah merupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan jodoh anda. jika dari awalnya sudah tidak mampu membayar karyawan, maka karyawan anda adalah anda sendiri.
  4. Hargailah waktu. Berikan tips pada waktu anda, misalnya Rp.59.999 perjam, ini sangat mendorong dan membantu anda ketika anda mengambil keputusan: apabila sebuah toko mengenakan biaya Rp.29.999,- untuk mengirim barang setiap minggu, dan anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayarlah terus ongkos kirim tersebut, karena lebih murah. Dan ini bertentangan dengan nomor 3, walau budak tetapi mempunyai nilai ekonomi.
  5. Merekrut karyawan yang baik. Tanpa melihat ukuran usaha anda sendiri, suatu saat akan merekrut karyawan baru, oleh karena itu, rekrutlah karyawan baru dengan hati-hati dan tanpa tergesa-gesa dan perlakukan ini saat akan memulai usaha baru. Sangat disayangkan apabila sikap pemilik usaha mempunyai visi yang bagus, tapi merekrut karyawna yang justru menjegal dalam meraih visi perusahaan anda.
  6. Jangan jual karena harganya, tetapi kelebihannya. Ketika anda mengawali usaha, sudah wajar apabila frustasi dalam segi pemasaran. Apabila bersaing dengan harga, pada akhirnyapun menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan dibawah modal awalnya. Maka kuasai keahlian dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menjelaskan bahwa produk yang ditawarkan itu tinggi karena produknya mempunyai nilai yang baik.
  7. Menggunakan teknologi terbaru. Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data yang besar sangat mampu untuk bersaing dengan perusahaan besar. Dan manfaatkan teknologi tersebut walau rendah biayanya.
  8. Jadilah yang terbaik. Apabila serius dalam bidang usaha apapun, jangan setengah-setengah dalam menjalankanya, setiap hal yang dilakukan untuk pelanggan/klien haruslah yang terbaik. Apapun yang dijualnya haruslah yang terbaik. Lakukan hal tersebut secara terus-menerus dan kekuatan word of mouth akan menyebar dengan luasnya.

Bagi pemula yang ingin berwirausaha, 8 aturan sepertinya cocok untuk dipraktekan, selama membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini