Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

by
April 16th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Jengkol atau Archidendron pauciflorum merupakan tumbuhkan khas di wilayah Asia Tenggara, bangsa barat menyebutkan bahwa jengkol adalah dog fruit. Bijinya sangat digemari, dan masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk kategori polong-polongan (Fabaceace), buahnya berupa polon dan bentuknya gepeng berbelit dan membentuk spiral, berwarna lembayung tua, bijinya berkulit ari tipis dengan warna yang lain seperti coklat mengkilap. Jengkol tersebut mempunyai aroma dan bau yang khas serta tidak sedap saat pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan. Jengkol tersebut dikonsumsi untuk lalapan atau dijadikan sayur bagi yang menyukainya.

jengkol

Ist

Disisi lain biji jengkol disamping sebagai untuk lalapan atau campuran untuk masakan ternyata jengkol sangat berguna untuk kesehatan yaitu sebagai penawar alternatif yang alami, seperti untuk :

  1. Manfaat untuk Sembelit. Bila terjadi sembelit terlalu sering maka akan membahayakan kesehatan, karena sembelit penyebab suatu kanker pada usus besar, tipsnya adalah dengan mengkonsumsi secara langsung jengkol tersebut (dimasak terlebih dahulu)
  2. Pencegahan terhadap jantung. Kandungan yang ada pada jengkol berupa mineral yang tinggi, dan jenis penyakit jantung koronerlah yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jantung koroner terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah.
  3. Pertumbuhan tulang pada janin.  Bagi ibu yang sedang hamil, maka mengkonsumsi jengkol sangat penting karena di dalam tubuh biji jengkol yang dikonsumsi, sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin. Kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi, dan kalsium sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

Demikian dengan manfaat jengkol bagi kesehatan, akan tetapi mengkonsumsi biji jengkol yang sudah diolah harus dengan takaran tertentu, sebab biji jengkol agak sedikit beracun sebab pada kandungan jengkol terdapat asam jengkol dan asam amino yang dapat menyebabkan kercunan biji jengkol. Biasanya orang yang teracuni oleh biji jengkol gejalanya adalah kejang-kejang otot, retensi urine dan gagal ginjal akut.  Kondisi seperti itu biasanya dialami oleh pria.

Selebihnya adalah bahwa memakan biji jengkol yang sudah dimasak akan berpengaruh dengan masalah penampilan seseorang, karena menghasilkan bau mulut, feses, urine dan keringat mempunyai bau yang khas yang tiada tara. Oleh karena itu setelah mengkonsumsi biji jengkol baik yang sudah dimasak, sebagai lalapan. Diharuskan berkumur atau menggunakan cairan kumur yang harum baunya.

Demikian dengan manfaat jengkol bagi kesehatan serta dampak setelah mengkonsumsi jengkol.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Cara Membuat Kerupuk Jengkol

Comment di sini