Apa Itu Akun Alter?

by
April 17th, 2015 at 1:28 pm

CiriCara.com – Media sosial merupakan cermin dari kepribadian pemilik akunnya. Profil, status, foto, dan sebagainya ditata sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Selain itu, seseorang juga seharusnya memperhatikan image dirinya di mata orang lain dengan gaya foto dan status yang ia publikasikan. Hal tersebut penting untuk karir karena beberapa perusahaan menilai calon karyawan dari akun sosial media.

Akun

Ist

Status sebagai public figure kerap menyulitkan seseorang untuk menjadi diri sendiri dalam akun pribadinya. Banyak orang yang kemudian membuat berbagai akun untuk menampilkan berbagai sisi kepribadian. Namun, cara tersebut juga digunakan untuk tindak kejahatan atau melanggar asusila. Akun-akun seperti inilah yang disebut sebagai akun alter.

Berikut ulasannya.

Arti

Alter berasal dari kata kerja dalam Bahasa Inggris yang berarti mengubah karakter atau komposisi dengan cara yang kecil namun berdampak besar (www.oxforddictionaries.com). Menanggapi berbagai fenomena media sosial, akun alter berarti akun yang dibuat berdasarkan tujuan dan image yang berbeda.

Perubahan Identitas

Biasanya, akun alter tidak menggambarkan identitas asli pemiliknya. Akun ini bisa saja memasang foto profil perempuan dengan nama feminim namun sebenarnya milik seorang laki-laki. Beberapa akun bisa saja menampilkan wajah yang sama namun dengan nama yang berbeda.

Perbedaan Karakter

Akun alter bisa saja menampilkan karakter asli pemiliknya, karakter untuk citra positif, atau malah karakter yang dibuat untuk tujuan penipuan. Akun alter kadang dibuat agar pemiliknya bisa melampiaskan emosi yang sebenarnya, baik positif maupun negatif. Ini karena, pada akun lainnya, ia harus menjaga citra lewat status maupun foto-foto. Dengan akun alter, orang tersebut bisa melampiaskan amarah, curhat, atau menggunjingkan orang lain.

Stalking

Akun alter bisa juga dibuat untuk stalking pada akun yang membatasi pertemanan atau orang-orang yang dapat melihat status, foto, maupun aktivitas media sosialnya. Hubungan yang terlanjur buruk sering membuat seseorang harus membatasi bahkan memblokir sebuah akun.

Penipuan

Akun alter ini bisa dibuat begitu meyakinkan. Penipuan melalui akun alter mungkin saja berupa produk-produk bisnis. Penipuan lainnya bisa jadi hubungan jarak jauh atau perselingkuhan.

Prostitusi

Jaringan ini kerap menggunakan akun alter untuk melancarkan bisnisnya. Akun alter tersebut kerap berisi foto dan status vulgar. Banyak juga akun yang memasang informasi tarif dan cara booking.

Penulis: Ummu Solid

Artikel lainnya: Ciri-Ciri Akun Facebook Palsu

Comment di sini