Apa itu DBD?

by
April 17th, 2015 at 8:58 am

CiriCara.com – Baru-baru ini salah satu teman saya dikabarkan harus rawat inap di rumah sakit dikarenakan penyakit DBD atau Demam Berdarah. Memang penyakit satu ini sudah menjadi penyakit yang angat umum kita dengar. Terdengar begitu umum dan sederhana. Banyak orang yang bisa sembuh dari penyakit ini. Namun jangan salah, banyak juga mereka yang nyawanya harus direnggut akibat penyakit ini. Karena itu penyakit ini tidak bisa dianggap sepele. Sering saat kita cek ke dokter dan ternyata kita dinyatakan positif terkena DBD, maka kita disarankan untuk rawat inap di rumah sakit karena memang penyakit ini harus mendapat penanganan yang cukup signifikan.

demam

Demam – Ist

DBD atau singkatan dari Demam Berdarah. Sesuai dengan namanya, penyakit ini memang menyebabkan tubuh kita menjadi demam dan bahkan yang lebih parah bisa membuat darah yang di tubuh kita bisa keluar. Kenapa? Karena penyakit ini juga menganggu sistem peredaran darah yaitu membuat kandungan trombosit tubuh menjadi rendah.

Sebelumnya trombosit adalah salah satu bagian dari sel darah yang berfungsi untuk proses pembekuan darah. Trombosit sering juga disebut dengan nama keping darah. Di paragraf sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa DBD menyebabkan darah dalam tubuh kita bisa keluar. Hal ini berkaitan dengan jumlah trombosit atau keping darah yang rendah sehingga tidak bisa mencegah tubuh untuk darahnya keluar. Karena di dalam tubuh manusia normal, takaran trmobosit dalam tubuh mempunyai jumlah yang minimum agar darah dalam tubuh tetap terjaga.

Penyakit DBD ini sering diidentikkan dengan cuaca yaitu saat musim hujan. Kenapa? Karena proses penularan penyakit ini adalah karena melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti . Nyamuk ini perkembangannya bisa sangat meningkat drastis bila berada di musim hujan. Kenapa? Karena kehidupan nyamuk ini adalah di tempat lembap dan basah. Jentik nyamuk akan sangat mudah berkembang menjadi nyamuk dewasa dan yang akan menginfeksi tubuh manusia.

Yang terpenting adalah jaga kebersihan rumahmu. Jangan biarkan ada daerah lembap atau genngan air serta penampungan air yang terbuka. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini