Apa itu Pohon Jamblang atau Duwet?

by
April 17th, 2015 at 10:29 am

CiriCara.com – Buah Jamblang (Syzygium Cumini), jambu keling atau nama kerennya yaitu “Duwet” merupakan sejenis buah yang merupakan keluarga dekat dengan jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan dengan buahnya yang masam dan sepat. Buah jamblang atau duwet mempunyai struktur pohon yang kokoh dan berkayu diameternya 10-30 meter, mempunyai warna kotor, dan tidak mempunyai sifat menggugurkan daunnya, tidak seperti pohon mangga yang selalu menggugurkan daunya bila akan tumbuh bunga. Batang pohon jamblang biasanya bengkok, tingginya hingga mencapai 20 meter, bercabang rendah dan mempunyai tajuk bulat tapi tidak beraturan.

Buah Duwet

Buah Duwet – Ist

Ciri-ciri duannya saling berhadapan, bertangkai 1-3,5 sentimeter. Helaianya daun bundar telur terbalik agak lonjong, pangkal lebar berbentuk pasak atau membundar, ujungnya tumpul atau melancip, bertepi rata, berjengat tebal dengan tepi yang seperti bundaran dan semi tembus pandang. Warna daun hijau tua mengkilat di sebelah atasnya, daun jamblang atau duwet mempunyai bau seperti terpentin bila diremas-remas. Ciri-ciri daun mudanya berwarna merah jambu. Karangan bunganya rata, renggang dan bercabang,  dan kemunculan bunga-bunga tersebut pada cabang-cabang yang tidak berdaun. Bunganya kecil serta rapat-rapat. Terdapat 3-8 kuntum ditiap ujung tangkai, berbau harum. Ciri kelopak bentuknya lonjong serta melebar atau corong dan tingginya sekitar 4-6 mm.

Penyebaran dan habitas buah jamblang atau duwet bisa dibudidayakan atau tanaman liar yang biasanya di daerah tropis, seperti Asia, Australia, juga terdapat di pegunungan Himalaya bagian subtropics, Sri Langka, Malaysia, India. Tetapi saat ini sudah dibudidayakan dan dikembangkan di seluruh kawasan tropika dan subtropika. Adapun di Pulau Jawa sendiri bahwa pohon jamblang/duwet tumbuh liar di hutan jati, dan mulai dibudidayakan sebagai pohon buah di pekarangan-pekarangan rumah. Pohon tersebut tumbuh dikawasan rendah sekitar 500 mdpl. Tetapi kadang dapat tumbuh di ketinggian 1800 mdpl. Dan curah hujan yang dibutuhkan dari pohon jamblang ini adalah lebih dari 1000 mm/tahun, dengan musim kering yang nyata. Jamblang atau duwet dapat tumbuh dan berkembang di dataran yang terkena banjir.

Jenis pohon jamblang atau duwet merupakan tanaman yang toleran terhadap kekeringan sehinga di musim kering atau kemarau tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur, tanah tidak suburpun pohon jamblang juga bisa hidup, apalagi lagi lahan basah, tanah lempung, tanah berpasir dan tanah-tanah berkapur. Pada umumnya pohon jamblang diperbanyak dan dikembangkan dengan bijinya, namun apalagi ingin berbuah unggul maka diperbanyak dengan cara dicangkok.

Buah jamblang/duwet banyak manfaatnya, bisa dimakan secara langsung. Jika di India dan Filipina dan di Indonesia, buah jamblang yang telah masak kemudian dicampur dengan sedikit garam tetapi kadang-kadang ditambah gula, kemudian dikocok pada wadah tertutup, agar cepat lunak dan berkurang rasa masam dan sepatnya.  Manfaat buah jamblang/duwet ini dapat mengurangi noda pada gigi, buah yang kaya vitamin ini dapat dijadikan sari buah, anggur atau jeli.

Demikian tentang Jamblang, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini