Apa itu Suku Konjo Pesisir?

by
April 17th, 2015 at 4:08 pm

CiriCara.com РSuku Konjo Pesisir merupakan suku yang masih ada di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan dan tersebar di wilayah kecamatan Bontotiro, Sinjai dan Herlang, populasi suku Konjo Pesisir mencapai 128.000 orang lebih. Suku Konjo Pesisir banyak mendiami di pesisir sehingga penduduk tersebut menyukai mengarungi lautan, karena sejak dahulu kala suku tersebut pernah mengarungi serta menjelajah dan berpetualang kemana-mana. Bagi mereka laut merupakan tempat kehidupannya dan sebagai lahan untuk mencari sumber kehidupan. Suku Konjo Pesisir ini sering dikenal sebagai kapal Phinisi yang telah melegenda sejak lama.  Keahlian sebagai pembuat kapal Phinisi yang cukup banyak digunakan oleh suku Makassar dan suku Bugis.

Suku Konjo Pesisir

Ist

Masyarakat Suku Konjo Pesisir dalam menganut kepercayaan dan beragama Islam dan agama Islam tersebut telah berkembang di lingkungan mereka, dan beberapa tradisinya dan adat istiadat suku Konjo Pesisir masih banyak dikombinasikan dengan budaya Islam. Ada yang unik dari suku Konjo Pesisir yang mempunyai tempat tinggal perkampungan di dekat hutan lindung dan dianggap sakral oleh seluruh masyarakat tersebut, menyebutkan bahwa bila akan melewati atau memasuki hutang lindung diwajibkan memakai baju yang serba hitam.

Masyarakat Suku Konjo Pesisir, mempunyai budaya yang hingga saat ini mempunyai ciri-ciri yang perlu dicermati dan ditiru, yaitu:

  • Saling menolong dalam berbagai kegiatan, pernikahan, masalah ekonomi.
  • Selalu bezuk terhadap orang yang sakit atau meninggal dunia.
  • Kompak dalam menghadapi ancaman dari luar wilayah.
  • Hobinya selalu ngerumpi dan kumpul bersama.
  • Sangat susah menjawab apabila ada yang bertanya.
  • Psikologinya sangat kuat, sesuai dengan status sosialnya.

Mata pencaharian suku Konjo Pesisir sebagian besar adalah petani, mereka terbiasa menanam berbagai jenis tanaman seperti sayur-sayuran serta buah-buahan. Sistem pertanian menggunakan bagi hasil antar petani yang dikerjakan secara gropyokan. Adapula sebagai nelayan dan mereka selalu menangkap ikan di laut sesuai dengan cuaca dan waktu yang diperhitungan sebelumnya. Suku Konjo Pesisir tergolong disiplin dalam mengerjakan sesuatu dan sifat-sifat dan perilaku tersebut diturunkan kepada generasinya.

Demikian tentang suku Konjo Pesisir di Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis: MasArif

Comment di sini