Cara Belajar Gitar Tanpa Kursus

by
April 17th, 2015 at 2:06 pm

CiriCara.com – Kamu mau menjadi seorang gitaris yang handal tapi tidak punya budget yang cukup buat ikut kursus musik? Tenang, kamu masih bisa kok belajar gitar sendiri tanpa harus ikut kursus dan tentunya dengan biaya yang lebih murah. Bagaimana caranya?

Belajar Gitar

Ist

Perlu kamu tahu, untuk menjadi seorang gitaris yang handal itu tidak mudah. Apalagi bagi kamu yang baru mulai belajar gitar. Tapi tenang, kesempatan untuk sukses itu tetap akan ada asalkan kamu mau berusaha sekalipun tidak memiliki uang yang banyak.

Langsung saja yuk simak cara belajar gitar tanpa harus ikut kursus berikut ini:

1. Punya/pinjam gitar

Hal pertama yang harus kamu ketahui untuk belajar gitar adalah punya gitar. Terus bagaimana kalau tidak punya? Kamu bisa pinjam ke teman yang punya gitar. Biasanya kan ada tuh temen yang suka bawa gitar pas lagi nongkrong, nah kamu bisa pinjam sama dia. Tapi ingat! Kamu juga harus menjaga gitar dia baik-baik supaya nggak rusak.

2. Minta ajarin temen

Nggak usah malu buat nanya dan minta bantuan sama orang yang udah bisa main gitar. Daripada kamu bayar kursus yang mahal, mendingan belajar sama temen sendiri yang gratis. Kalo kamu mau ngasih gorengan buat sekedar ucapan terima kasih pun boleh-boleh saja. Jadi kamu bisa belajar sekaligus mengakrabkan diri dengan teman seperjuangan.

3. Buku gitar

Saat ini udah banyak banget buku gitar yang dijual di toko buku. Biasanya pengetahuan temen itu terbatas, kamu bisa memperdalam chord gitar kamu melalui buku tersebut. Memang harganya tidak murah, tapi berkorban sedikit nggak apa-apa lah.

4. Video tutorial

Nggak punya teman yang jago gitar dan nggak punya buku? Jangan khawatir. Kamu bisa lihat tutorial cara belajar gitar dengan mudah di Youtube. Udah banyak kok para gitaris yang membuat video tutorial belajar gitar yang diunggah ke Youtube. Bahkan, ada yang dari luar negeri juga loh.

5. Jangan gampang nyerah

Mungkin jari-jari kamu akan terasa sakit dan tidak nyaman saat baru pertama kali belajar gitar. Tapi kamu nggak boleh nyerah. Kalau sudah terbiasa pasti akan terasa biasa saja. Ada beberapa chord yang susah dan ada juga yang gampang, jadi jangan terlalu pilih-pilih.

Untuk menjadi seorang gitaris yang handal itu butuh waktu. Jadi kamu harus bersabar dan jangan cepat bosan agar kemampuan gitar kamu nggak hilang begitu saja. Sesekali ikut pentas musik juga boleh.

(YG)

Artikel lainnya: Cara Menciptakan Lagu ala Bruno Mars

Comment di sini