Manfaat Pohon Jamblang Bagi Kesehatan

by
April 17th, 2015 at 2:18 pm

CiriCara.com – Hingga saat ini pohon jamblang merupakan pohon yang digolongkan sebagai tumbuhan yang jarang-jarang ada. Kelangkaan tumbuhan tersebut dikarenakan kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, sehingga buahnyapun semakin jarang di pasaran. Salah satu negara yang telah mengoptimalkan serta mengembangbiakan pohon jamblang adalah negara bagian India.

pohon jamblang

Ist

Di negara Hindustan tersebut sudah bertahun-tahun membudidayakan dengan baik kerena dianggap sebagai komoditas mempunyai nilai ekonomis.  Di negaranya buah jamblang digunakan sebagai bahan baku es krimi, jeli, selai sertai cuka.  Sedangkan bagian kayunya dipergunakan sebagai bahan arang, perahu, jembatan, tiang, dayung, alat-alat pertanian, gerobak, bagian bawah gerbong kereta api serta bantalan rel kereta api. Adapun kulit kayunya digunakan sebagai penyamak kulit serta membuat jala ikan.

Pada daun jamblang dijadikan pakan ternak dan makanan untuk ulat sutra tasar, serta bagian daun yang lain dijadikan bahan penghasil minyak atsiri sebagai bahan pewangi untuk industri sabun dan parfum. Bagian bunga yang kaya akan nectar dan digunakan untuk membudidaya lebah untuk menghasilkan madu yang berkualitas baik.

Segudang manfaat yang dimiliki oleh buah jamblang selain yang disebutkan di atas adalah hampir semua bagian pohon, daun, bunga serta buahnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, sebagai berikut:

  • Pada bagian kulit kayu dapat bermanfaat sebagai obat diabetes.
  • Pada bagian daunnya dapat bermanfaat untuk anti virus, penghilang radang, menurunkan kadar gula dalam darah, menghilangkan alergi, mengobati konstipasi.
  • Bagian buahnya mengandung zat antosianin berperan sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas, serta berpotensi sebagai penangkal kanker. Buahnya juga mengandung aneka zat mineral, seperti kalium, kalsium, natrium, zat besi, mangan, seng dan posfor.
  • Warna ungu pada buah jamblang merupakan sumber pewarna alami yang berpotensi dalam industri makanan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa predikat yang disematkan pada buah jamblang selain sebagai tanaman obat, kayu pohon jamblang merupakan jenis kayu yang sangata istimewa karena sangat kuat disamping tahan dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh air maupun rayap sekalipun. Pohon jamblang sering ditanam hanya sebagai peneduh di pekarangan dan perkebunan, seperti meneduhi tanaman kopi atau bisa digunakan sebagai tanaman penahan angin.

Penulis: MasArif

Comment di sini