7 Film Indonesia Terpopuler Adaptasi dari Novel

by
April 20th, 2015 at 2:01 pm

CiriCara.com – Kalau kamu mengaku doyan nonton film tapi lebih sering nonton film Hollywood atau Korea. Coba deh tambah referensi tontonan kamu dengan koleksi film Indonesia. Karena nyatanya film hasil karya anak bangsa juga sama menariknya dengan film-film luar negeri. Hal ini terbukti dari kesuksesan yang berhasil meraih jutaan penonton.

Nada untuk Asa

Ist

Berikut daftar film yang bisa jadi referensi untuk masuk dalam daftar jadwal menonton kamu.

- Laskar pelangi

Film ini diangkat dari salah satu novel rangkaian tetralogi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Ber-setting di Pulau Bangka Belitung, film Laskar Pelangi menampilkan pesona keindahan alam yang sempat terlupakan. Sejak film ini tayang, pantai yang ditampilkan pada film ini menjadi tujuan wisata favorit bagi pelancong. Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang bercerita mengenai anak sekolah dasar di Belitung. Kesuksesan film ini telah terbukti karena berhasil menuai sebanyak 4,6 juta penonton.

- Ayat-ayat cinta

Kolaborasi handal antara penulis Habiburrahman El Shirazy dan sutrada Hanung Bramantyo sanggup membuat penonton terhanyut ke dalam cerita cinta sang tokoh utama, yaitu Fahri. Pada film ini dikisahkan mengenai kisah cinta lintas agama dari sudut pandang Islam yang digambarkan melalui perjalanan kehidupan cinta antara Fahri, dengan Aisha dan Maria.

- Ketika cinta bertasbih

Film ini pun diangkat dari novelis Habiburrahman El Shirazy. Ketika Cinta Bertasbih bercerita mengenai kehidupan tokoh utamanya, yaitu Khairul Azam seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menumpuh studi di Universitas Al-Azhar, Kairo.

- 5 Cm

Berkisah mengenai cinta dan persahabatan antara lima orang sekawan. Film ini diadopsi dari novel karya Donny Dirgantoro. Film ini berhasil mengeksplorasi keindahan pegunungan khas alam nusantara. Karena di dalam cerita dikisahkan mengenai persahabatan lima orang yang lama tidak bertemu dan mereka ingin mengukir sejarah hubungan pertemanan mereka dengan berhasil mencapai puncak  Mahameru.

- Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Merupakan film yang ceritanya diunduh dari novel karya sastrawan nasional, yaitu Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, atau biasal dikenal dengan nama Buya Hamka. Disutradai oleh Sunil Soraya yang menceritakan tentang perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi kisah cinta sepasang kekasih dan berakhir pada kematian hingga terkubur bersama kapal Van Der Wijck yang tenggelam.

- Negeri 5 Menara

Sangat kaya akan pesan moral itulah yang akan kamu dapatkan ketika menonton film ini. Tersirat dalam cerita bahwa film ini berpesan supaya generasi muda Indonesia tetap bersemangat untuk menuntut ilmu bahkan hingga ke Eropa. Sepenggal kalimat yang menggambarkan kisah yang ditulis oleh Ahmad Fuadi, “raihlah cita-citau setinggi langit, karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha.”

- Nada untuk Asa

Mengisahkan tentang seorang perempuan yang mengalami penolakan dari masyarakat karena penyaki HIV/AIDS yang dideritanya. Dibintangi oleh Acha Septriasa berperan sebagai Asa yang berjuang bertahan hidup dengan penyakit  yang dideritanya. Film ini diangkat dari novel yang ditulis oleh Ita Sembiring.

Penulis: *Siahaan Rona*

Comment di sini