Apa itu Asma?

by
April 20th, 2015 at 2:44 pm

CiriCara.com – Di artikel kali ini saya kembali akan membahas seputar penyakit. Kali ini yang saya akan bahas adalah mengenai penyakit asma atau mungkin lebih sering dikenal dengan nama penyakit sesak nafas. Nah penyakit asma ini merupakan penyakit yang emnganggu sistem pernafas tubuh manusia. Asma ini menyebabakan seseorang penderitanya mengalami kesulitas bernafas. Sulit sekali saat menarik nafas sehingga mereka akan terlihat seperti keadaan terengah-engah.

sesak nafas

Ist

Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan tubuh manusia yang cukup banyak penderitanya. Penyakit ini tidak bergantung pada usia atau kelompok tertentu. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja. Asma sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena saluran pernafasan manusia yang menyempit.

Penyempitan saluran pernafasan ini diakibatkan karena rangsangan tertentu yang menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pernafasan. Penyempitan dan peradangan pada saluran pernafasan tubuh manusia inilah yang membuat sang penderita asma akan mengalami kesulitan bernafas. Selain itu, penyempitan dan peradagangan tadi sering kali menimbulkan bunyi kecil saat sang penderita menarik nafas.

Asma sendiri jangan dianggap sepeleh. Asma ternyata dikategorikan sebagai salah satu penyakit paru-paru yang dalam tingkatan kronis. Pada penderita yang parah, asma dapat menyerangnya hingga membuatnya pingsan karena ketidakmampuan tubuh untuk mengambil nafas. PAdahal seperti kita ketahui, kegunaan dari bernafas adalah untuk memperoleh kandungan oksigen dalam udara. Dimana kandungan oksigen ini digunakan untuk berbagai metabolisme dalam tubuh manusia. Bisa dibanyangkan jika kita mengalami kesulitan bernafas, berarti kandungan oksigen dalam tubuh berkurang dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya terganggulah berbagai metabolisme tubuh manusia. Karena terganggu itulah bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas sehingga asma dapat menyebabkan sang penderita menjadi pingsan.

Penderita asma biasanga dapat mengurangi penyakitnya dengan mengkonsumsi jenis obat tertentu. Namun apabila asma terjadi secara mendadak dan dalam keadaan yang terlalu darurat biasanya dapat dengan menggunakan pemberian oksigen agar sang penderita daoat merasa sediki lebih baik. Tetap awasi apa saja yang menjadi penyakit anda. Penanganan yang dilakukan lebih cepat sangat baik. Selamat hidup sehta. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Artikel terkait: Ciri-Ciri Penyebab Asma

Comment di sini