Apa itu Suku Besemah?

by
April 20th, 2015 at 10:42 am

CiriCara.com – Suku Besemah atau Pasemah merupakan suku masyarakat adat yang mendiami di daerah perbatasan provinsi Sumatra Selatan dengan provinsi Bengkulu, dan wilayah pemukiman suku Pasemah ini meliputi daerah di sekitar kota Pagar Alam, Tanjung Sakti, kecamatan Jarai dan sekitar kota Agung Kabupaten Lahat. Tepatnya pemukiman suku Pasemah berada di dekat kaki pegunungan Dempo.

Suku Besemah

Pakaian Adat Suku Besemah – Ist

Asal istilah Pasemah tercantum dalam prastasi yang dibuat oleh raja Yayanasa seorang tentara dari Kedatuan Sriwijaya ketika itu telah menaklukan Lampung sekitar tahun 680 Masehi. Tertulis di Prastasi Palas Pasemah yang ada hubungan dengan tanah Pasemah, sehingga dengan keterangan pada Prastasi bahwa suku Pasemah sudah mendiami daerah tersebut sebelum abad ke 6 Masehi. Seluruh warga masyarakat Pasemah menyebut dirinya sebagai orang Besemah.

Kehidupan tenteram pada suku ini tidak lepas dari rumah tradisional suku Pasemah (Baghi), disamping itu suku ini mempunyai nilai-nilai adat yang kaya, budaya dan tradisinya juga khas. Masyarakat yang tinggal di Pasemah sudah memiliki tatanan dan aturan masyarakat dengan nama “Lampik Empat, Merdike Due” berarti perwujudan demokrasi murni yang ada berkembang dan diterapkan sepenuhnya oleh lapisan masyarakat setempat.

Asal-usul suku Pasemah berasal dari kedatangannya Atong Bungsu yang dianggap masyarakat suku Pasemah sebagai nenek moyang Pasemah Lampik Empat yang datang dari kota Hindia Muka yang bermula memasuki wilayah Sumatera Selatan yang menelusuri sungai Lematang yang berliku nan eksotis, akhirnya mereka memilih tempat di dusun Benuakeling dan pada saat kedatangan nenek moyang (Si Atong Bungsu) ternyata di daerah tersebut sudah ada 2 suku yang telah menempati wilayah tersebu, yaitu suku Penjalang dan suku Semidang. Sehingga pada akhirnya mereka hidup berdampinga di satu wilayah tersebut hingga turun-menurun hingga kini.

Agama dan Kepercayaan.

Sebelum agama Islam migrasi ke pedalaman suku Pasemah, warganya masih menganut animisme, tetapi sesuai dengan perjalanannya waktu kepercayaan yang berupa animisme kian surut walaupun ada sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa benda-benda mati ada penuggunya.  Sebagai suku bangsa yang memiliki kebudayaan, suku Pasemah juga mempunyai kebudayaan yang tinggi nilainya, seperti: Rumah Adat Bahari (Rumah Dempo Dulu) yang kebanyakan terdapat di dusun lama, rumah adat tersebut dinamakan Rumah Beujung Bertihang Sembilan, rumah tersebut mempunyai ciri-ciri ukuran yang sama persis di zaman Dinasti Tang dan Dinasti Ming. Ada juga tarian yang khas suku Pasemah yaitu tarian adat seperti tari Reban, Rejung, Gegirit dan lain sebagainya.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Apa itu Suku Gumai?

Comment di sini