Lewatkan Makan Siang, Motivasi Bisa Menurun

by
April 20th, 2015 at 2:24 pm

CiriCara.com – Jangan remehkan makan siang. Bila tiba saatnya waktu istirahat, biarpun pekerjaan bertumpuk, luangkan waktu barang sejenak untuk santap siang. Banyak kegunaan dan manfaat dari sebuah kegiatan makan siang. Manfaat makan siang tak sekedar, menambah asupan energi dari tubuh, tapi lebih dari itu. Makan siang juga berpengaruh kepada suasana psikologis seseorang. Kegiatan makan siang, bisa tetap membuat motivasi terus terjaga. Dengan motivasi yang terus menyala, tentunya itu bisa memicu produktivitas.

malas kerja

Kerja – Ist

Itu pula yang diperlihatkan oleh studi atau penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto, Kanada. Menurut hasil University of Toronto, mereka yang melewatkan acara atau kegiatan makan siang, akan kurang termotivasi, bahkan kurang produktif (mengutip kicauan pemilik akun Twitter @FaktaGoogle).

Jadi, makan sianglah, agar motivasi Anda terawat. Dengan begitu, semangat kerja tetap menyala. Dan dengan itu, Anda akan terus bisa produktif dalam kerja. Jadi sekali lagi jangan remehkan manfaat dari makan siang. Apalagi bila Anda bekerja di tempat yang penuh tekanan. Tubuh butuh asupan energi, agar tetap bugar. Dengan tubuh yang bugar, otak pun akan terus segar. Dengan otak yang segar, Anda masih bisa berpikir jernih.

Karena bila tubuh loyo karena kekurangan energi atau kalori, pikiran akan terpengaruh. Semangat akan melorot. Daya pikir pun menurun. Tak pelak, dengan situasi seperti itu, ritme kerja ikut menurun. Motivasi juga pada akhirnya meredup. Ujungnya, produktivitas mandek, bahkan turun. Jadi, makan sianglah, bila waktunya tiba. Santaplah, makanan yang bisa membuat tubuh tetap dapat energi.

Bila pekerjaan menumpuk, atau pekerjaan anda membuat anda tak ada waktu untuk sekedar melangkahkan kaki keluar kantor, atau ke kantin, banyak siasat yang bisa dilakukan. Misalnya, bila anda sudah berkeluarga, bisa membawa bekal untuk makan siang anda dari rumah. Bekal makan siang dari istri justru lebih punya makna. Karena itu bukan saja buah tanda cinta, tapi juga bentuk penghargaan kepada istri tercinta. Selain tentunya bekal dari istri, adalah media atau instrumen untuk mengingat istri tercinta. Dengan begitu, ikatan rasa sayang akan terus dapat dirawat.

Namun bila anda tak sempat bawa bekal dari rumah, banyak cara yang bisa dilakukan. Misal, pergi ke kantin dan bersantap siang di sana. Jika tak sempat juga, banyak rumah makan atau resto siap saja yang menyediakan jasa antar makanan. Tinggal telepon, makanan sesuai selera siap diantar ke tempat anda bekerja. Tapi saran saya, santaplah makanan sehat untuk makan siang anda. Selain itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh, juga penting bagi otak anda. Jadi tak ada alasan untuk anda melewatkan makan siang.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini