Manfaat Puasa Rajab yang Perlu Kamu Tahu

by
April 20th, 2015 at 1:36 pm

CiriCara.com – Berdasarkan kalender Islam, tanggal 20 April 2015 hari ini sudah masuk dalam bulan Rajab, yakni bulan ketujuh dalam penanggalan Islam. Bulan Rajab ini termasuk dalam bulan haram yang memiliki kemuliaan dibanding bulan-bulan lainnya.

puasa rajab

Bulan Rajab – Ist

Pada bulan Rajab ini, biasanya umat Muslim akan memperbanyak ibadahnya. Salah satu ibadah yang biasa dilakukan pada bulan ini adalah puasa Rajab. Namun perlu diingat, ibadah puasa Rajab ini hukumnya sunnah (boleh dikerjakan atau pun tidak).

Meskipun hanya ibadah sunnah, puasa Rajab disebut-sebut memiliki keutamaan atau kelebihan dibanding ibadah sunnah lainnya. Dimana pahala orang yang mengerjakan ibadah puasa Rajab ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Tidak hanya mendapat pahala loh, ternyata puasa Rajab ini juga akan mendatangkan manfaat bagi tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaat melaksanakan ibadah puasa di bulan Rajab? Langsung saja simak ulasannya.

- Membersihkan racun dari dalam tubuh

Selama berpuasa, itu artinya kita tidak akan minum dan makan dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Selama itu pula, sistem pencernaan kita akan beristirahat sehingga tubuh akan fokus melakukan penyembuhan (membuang racun), memperkuat, dan memperbaiki organ internal.

Nggak kebayang deh kalo sistem pencernaan kita bekerja secara terus menerus. Pasti bisa cepat rusak nanti. Makanya puasa itu juga perlu!

- Menyehatkan jantung

Berdasarkan hasil penelitian, berpuasa dua kali dalam seminggu itu bisa menyehatkan jantung. Hal ini karena saat berpuasa tubuh kita akan secara alami membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan zat kimia penyebab stres.

- Memunculkan rasa tenang

Menurut para ahli, puasa juga mampu membuat kita jadi lebih tenang. Kalau hati sudah tenang, otomatis kita juga akan terhindari dari stres, tidur jadi nyenyak, dan tentunya daya tahan tubuh pun akan meningkat.

- Manfaat lainnya

Puasa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, menyehatkan sistem pencernaan, bisa memperpanjang usia, dan dapat menurunkan berat badan. Jadi pas banget buat kalian yang pengen kurus atau langsing dengan cara sehat.

Demikian tadi beberapa manfaat ibadah puasa. Jadi, kalau kamu melaksanakan ibadah puasa Rajab ada dua keuntungan yang didapat, yakni pahala dan juga kesehatan. Semoga penjelasan di atas jadi motivasi buat kita semua untuk melaksanakan puasa Rajab, meski hukumnya sunnah.

(YG)

Comment di sini