Manfaat Sayuran Kecipir untuk Kesehatan

by
April 20th, 2015 at 2:58 pm

CiriCara.com – Sayuran Kecipir atau nama ilmiahnya Psophocarpus tetragonolobus merupakan tanaman yang mempunyai kemiripan dengan sayuran buncis, tanaman ini bersifat menjalar tumbuhnya. Didugan tanaman kecipir berasal dari Papua dan sangat bagus tumbuh di Indonesia. Disebabkan pertumbuhannya sangat banyak dan sering di ketemukan di Asia Tenggara dan negara tetangga lainnya.

foto kecipir

Kecipir – Ist

Dalam pengolahan serta pemanfaatanya, masyarakat Indonesia membiasakan dalam pengolahan jenis tanaman kecipir ini diolahnya sebagai sayuran direbus atau dikukus. Jika di Sumatera biasa dikenal dengan Kacang Botol sementara di pantai barat Sumatera dikenal dengan sebutan kacang belingbing. Sayuran kecipir disamping sebagai bahan makanan seperti lalapan atau keluban, pecel, ternyata sayuran ini dapat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, sebagai berikut:

Kesehatan

  • Sebagai obat tetes dan telinga. Siapkan daun kecipir, direbus hingga mendidih, bila sudah mendidih ambil secukupnya kemudian dinginkan, setelah dingin kemudian teteskan di telingi atau mata.
  • Obat bisul.  Campur perasan daun kecipir dengan sedikit adas pulosari, setelah tercampur maka oleskan pada bisul.
  • Sebagai obat nafsu makan. Rebuslah kecipir beberapa lembar, setelah matang maka langsung dimakan.
  • Apabila tidak menyukai daging, maka kecipir bisa dijadikan pengganti daging, karena kandungan di dalam kecipir seperti kalori, karbohidrat, protein dan lemak sangat tinggi dibandingkan daging.
  • Antioksidan, kandungan tokoferol dalam kecipir mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui bayinya, dengan mengkonsumsi kecipir ini dapat mencegah anemia.
  • Sebagai penguat gigi dan tulang. Sayuran kecipir sangat bagus bila dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan atau bagi usia renta yang sangat rentan dengan pengeroposan tulang.
  • Menjaga kulit agar menjadi tetap lembab serta mencegah agar tidak kering dan mengelupas.
  • Penundaan tua secara dini, dapat menghilangkan keriput dan garis halus pada bagian
  • Bisa digunakan sebagai media pelancar menstruasi serta dapat menghilangkan efek dan dampak yang didapat seperti menghilangkan perut yang melilit.
  • Peningkatan gairah seksual. Orang-orang Arab, Cina dan Pakistan, memanfaatkan kecipir yang diambil bijinya yang merupakan komponen ramuan obat-obatan yang mereka buat. Biji kecipir digunakan untuk pengobatan tradisional seperti kesehatan kulit, peningkatan gairah seksual dan pelangsingan tubuh.

Demikian manfaat sayuran kecipir untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini