Waw! Batu Akik Indonesia Ini Harganya 1 M

by
April 20th, 2015 at 9:32 am

CiriCara.com – Harga batuan akik terus melambung bahkan disebut-sebut mencapai 1.000 kali lipat. Ragam harga akik pun ditentukan oleh keunikan, kualitas, dan ukuran. Penggemar batu akik tidak segan-segan merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah untuk sebuah batu akik. Namun, ada yang lebih fantastis, batu akik seharga Rp 1 M.

Batu AKik Klawing Pancawarna Telur Kodok

Batu AKik Klawing Pancawarna Telur Kodok yang dibanderol Rp 1 miliar – Ist/Kompas.com

- Klawing Pancawarna Telur Kodok

Itulah nama batu akik yang harganya selangit itu. Batu ini dipamerkan oleh pemiliknya, Lilik Sulistyono, di Rest Area Tamanangung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Acara tersebut digelar pada 18-19 April lalu. Nama tersebut diambil dari nama sungai Klawing di Purbolinggo, Jawa Tengah. Batu itu memang cukup menarik karena memiliki tujuh warna dan tembus cahaya.

- Besar

Orang yang bersedia membeli batu akik ini nampaknya tidak menyesal karena harga tersebut sesuai dengan ukuran batu. Klawing Pancawarna Telur Kodok berbobot hampir 200 kilogram. Entah berapa cincin akik yang dapat dibuat dari batu sebesar itu.

- Kualitas

Harga tersebut juga disebut-sebut Lilik sesuai dengan kualitasnya. Batu tersebut memiliki warna yang estetis dan langsung diambil dari sungai. Tidak mudah memperoleh batu ini yang membuat keberadaannya termasuk langka. Dilansir dari laman Kompas.com, menurut Lilik, batu miliknya mengandung kapur dengan kadar yang lebih rendah daripada batu pegunungan. Hal inilah yang membuat kualitas Klawing Pancawarna Telur Kodok termasuk bagus.

- Sudah Ada Tawaran

Sebenarnya, sudah ada yang berminat dengan batu temuan Lilik. Sayangnya, penawar tersebut hanya memberi harga Rp 425 juta. Lilik tidak bersedia melepas batu itu karena masih kekeuh pada harga Rp 1 M.

- Investasi

Mengapa dijual begitu mahal? Lilik sendiri mengaku juga suka dengan batu tersebut. Klawing Pancawarna Telur Kodok ia pandang sebagai investasi. Karenanya, tak masalah jika tidak ada yang menawar sesuai dengan harga patokannya. Kalau tidak laku, batu akik itu bisa jadi investasi bagi anak-anaknya. Klawing Pancawarna Telur Kodok termasuk jenis yang langka sehingga nilai jualnya terus naik.

- Penggemar Batuan

Rupanya, Lilik sudah menggemari batu-batu sejak sembilan tahun yang lalu. Ia tidak hanya menyukai batu akik tetapi juga batuan Gunung Merapi. Selain jadi aksesoris, batu koleksinya kerap dijadikan kerajinan batu. Bisnis batu terbukti bisa jadi sumber penghasilan bagi Lilik.

Penulis: Ummu Solid

Artikel lainnya: Batu Akik “Naga” Rp 18 Miliar

Comment di sini