6 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

by
April 21st, 2015 at 1:43 pm

CiriCara.com – Mangga atau mempelem (Tegal: Pelem) atau nama ilmiahnya Mangifera Indica, termasuk tumbuhan yang memiliki eksistensi tinggi dengan struktur batangnya, mangga merupakan kelompok arboreus yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai ketinggian kadang lebih dari 5 meter. Asal muasal nama mangga berasal dari Malayalam (maanga), kemudian dipadangkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Mangga, pohon mangga ini berasal dari perbatasan negara India dan Burma.  Kemudian mangga ini menyebar ke Asia Tenggara semenjak 1500 tahun yang silam.

mangga

Buah Mangga Baik Untuk Kecantikan Kulit – Ist

Sifat buah mangga mempunyai rasa manis kadang masam pada daging buahnya. Kebanyakan warna mangga ini didominasi berwarna hijau bila masih mentah maupun saat matang. Pada saat musimnya buah ini tidaklah sulit untuk mendapatkannya. Buah ini dapat dijadikan rujak ketika masih mentah, dan akan berasa manis ketika buah tersebut sudah mulai matang atau masak. Disamping memiliki rasa manis dan enak, ternyata buah mangga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Buah mangga ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, sehingga buah mangga ini harus dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kita.

Kandungan buah mangga mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin A, tembaga, serat, kalium dan magnesium. Berikut ada 7 manfaat yang unik buah mangga untuk diketahui bersama.

  1. Anti Kanker. Kanker sebagai penyakit pembunuh bagi manusia. Dengan mengkonsumsi buah mangga ini dapat mencegah tubuh dari penyakit kanker atau penyakit lain seperti kanker usus besar, prostat serta payudara. Buah mangga mengandung banyak zat quercetin, astraglin, fisetin, isoquercitrin, asam galat serta methilgallat, zat-zat inilah sebagai pencegah penyakit-penyakit tersebut.
  2. Menurunkan kolesterol jahat. Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berdampak pada tubuh. Buah mangga merupakan solusi utama dalam mencegah kolesterol jahat berkembang, kandungan serat yang cukup tinggi, zat pectin serta vitamin C dalam kandungan mangga sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.
  3. Menutrisi organ mata. Bila kita ingin memiliki pengelihatan mata yang baik dan super jelas, cobalah mengkonsumsi mangga yang banyak vitamin A-nya.
  4. Sebagai pelindung organ pencernaan. Mangga sangat kaya dengan serat alami. Serat ini dapat melindungi dan menyehatkan organ-organ pencernaan.
  5. Menurunkan berat badan secara alami. Dengan mengkonsumsi buah mangga setiap hari dan musim mangga, maka secara cepat akan menurunkan nafsu makan yang berlebih.
  6. Nutrisi untuk kulit. Mengkonsumsi buah mangga secara berkala, maka akan menyumbat kotoran serta pori-pori kulit sehingga tidak timbul jerawatan.

Demikian tentang 6 manfaat mangga untuk kesehatan tubuh. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini