6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan

by
April 21st, 2015 at 9:05 am

CiriCara.com – Sawi Hijau merupakan tumbuhan dari marga Brassica Rapa dan masuk kelompok Parachinensis Sawi tersebut dimanfaatkan pada daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran). Di Indonesia sawi ini dikenal dengan sawi bakso, caisim atau caisin. Selain itu terdapat pula sawi putih atau biasa disebut dengan sup dan dapat diolah menjadi asinan.

Sawi Hijau

Ist

Sawi hijau atau sawi, sayuran hijau yang sesungguhnya mempunyai kandungan vitamin A, vitamin K, Karotenoid dan Flavonoid. Sawi hijau yang banyak kandungannya ini adalah paling bergizi dibandingkan sayuran yang lain karena memiliki fitonutrein dimana berkhasiat bagi kesehatan sekaligus sebagai mencegah penyakit.

Sawi hijau mempunya bentuk yang biasa-biasa saja tetapi manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh, kemanfaatan sawi hijau ini antara lain:

  1. Memiliki kandungan vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C dalam kandungan sawi hijau memiliki 134% dibandingkan jeruk ukuran medium hanya memiliki 113% vitamin C, Sehingga sawi hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh.
  2. Mengurangi resiko diabetes tipe 2. Kandungan asam alfa-linoleat, asam lemak omega-3 sangat baik untuk kesehatan otak, meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi/mencegah resiko diabetes tipe 2.
  3. Anti peradangan dan pencegahan plak di arteri. Kandungan fitonutrien, quercetin yang terdapat pada sawi hijau sangat bermanfaat guna memerangi peradangan dan mencegah  timbulnya plak di arteri dan sulforaphane, senyawa pelawan kanker. Senyawa pada sawi hijau dapat dikombinasikan dengan alpukat dan minyak zaitun.
  4. Diet. Kemanfaatan sawi yang berwarna hijau gelap terdapat serat yang baik dan dapat mengendalikan kolesterol serta melindungi terhadap wasir, penyakit kanker usus besar dan sembelit.
  5. Sumber antikoksidan. Sawi hijau yang segar sebagai sumber dari beberapa antioksidan serta mineral seperti vitamin C, vitamin E, karoten serta mineral lainnya seperti: zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium, selenium dan mangan.
  6. Pencegahan cacat tabung saraf pada bayi. Daun sawi hijau mengandung asam folat yang baik. Vitamin tersebut berperan dalam sistem DNA dan diberikan sebelum dan awal kehamilan sehingga membantu dalam pencegahan tabung saraf pada bayi.

Demikian 6 manfaat sawi hijau untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini