Apa Itu Hakka?

by
April 21st, 2015 at 11:55 am

CiriCara.com – Tahukah kamu, etnis Tionghoa ternyata banyak sekali. Ada 56 etnis suku dan masih banyak sub suku lainnya. Salah satu yang terbesar ialah suku Han yang memiliki ciri khas dan penyebarannya sangat luas. Masyarakat suku Han memiliki beberapa dialek daerah, salah satunya Hakka. Orang Hakka berasal dari daerah Tiongkok Utara, yakni Guangzhou, Jiangxi, dan tentunya Fujian yang merupakan tanah leluhur orang Hakka. Jadi, Hakka adalah dialek, bukan suku.

Hakka

Peresmian Museum Hakka – Ist/Tempo

Di Tiongkok sendiri, orang Hakka menyebar hingga ke provinsi-provinsi lebih jauh seperti Provinsi Sichuan, Chongqing dan Guangxi. Sedangkan di seluruh dunia, jejak orang Hakka ditemukan hampir merata sejak abad ke-4 Masehi karena migrasi besar-besaran dikarenakan bencana alam, perang, dan konflik.

Kata ‘hakka’ mempunyai arti ‘keluarga pendatang’, karena ‘hak’ berarti tamu atau pendatang dan ‘ka’ artinya keluarga. Di Indonesia, orang Hakka banyak yang tinggal di Aceh, Bangka-Belitung, Jawa, serta Kalimantan Barat.

Bahasa orang Hakka disebut bahasa Ke yang merupakan salah satu dari 7 bahasa daerah utama yang digunakan dalam bahasa China. Di Indonesia, bahasa ini dikenal sebagai Kejia atau bahasa Khek.

Orang Hakka dikenal rajin dan ulet dalam bekerja. Dahulu, orang Hakka hidup berpindah-pindah, dari tanah yang satu ke tanah yang lain, sehingga disebut keluarga pendatang. Mereka membuka tanah di daerah yang berbukit, menjadikan daerah tersebut subur dan berkembang. Selain itu, mereka adalah pedagang yang handal. Jika ada pepatah mengatakan orang Tionghoa selalu rajin dan ulet, maka orang Hakka ini dua kali lebih ulet dan pantang menyerah. Orang Hakka tidak mengenal perbedaan gender, laki-laki dan perempuan harus rajin bekerja. Penuh semangat, ya?

Hakka melahirkan tokoh-tokoh dunia. Pemimpin China modern, Sun Yat Sen, adalah orang Hakka. Mantan perdana menteri Thailand, Thaksin Shinawatra juga orang Hakka. Di Kanada, Adriane Clarkson adalah keturunan Hakka yang pernah menjabat gubernur jendral. Selain mereka, Corazon Aquino yang pernah menjadi perdana menteri Filipina juga masih keturunan orang Hakka. Begitu juga aktor Hong Kong, Chow Yun Fat. Di Indonesia, ada pengusaha terkenal bernama Tjong A Fie di Medan pada tahun 1900. Apakah kamu tahu orang hebat lainnya yang juga keturunan Hakka?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini