Apa Itu Hokkian?

by
April 21st, 2015 at 9:46 am

CiriCara.com – Selain Hakka, dalam etnis Han di Tionghoa ada pula dialek Hokkian. Hokkian adalah keturunan para perantau yang berasal dari provinsi Fujian di Tiongkok. Di Asia Tenggara, Hokkian berasal dari dua propinsi di Tiongkok bagian selatan, yakni Kanton (Guangdong) dan Hokkian (Fujian). Di Indonesia, lebih banyak imigran yang berdialek Hokkian dibandingkan Kanton.

Suku Hokkian

Suku Hokkian di Palembang – Ist

Orang Hokkian berbicara dengan bahasa dan dialek Hokkian. Namun pada awalnya, bahasa ini hanya dituturkan oleh mereka yang tinggal di bagian selatan provinsi Fujian. Karena itu dalam sebutan standar bahasa Hokkian disebut bahasa Minnan. Kata ‘Min’ artinya bangsa Hokkian dan ‘nan’ berarti selatan. Nah, bahasa Minnan ini banyak juga variasinya. Bahasa ini dituturkan di Medan, Bangka Belitung, Penang, Taiwan, dan lain-lain.

Pada jaman Hindia-Belanda, bahasa Hokkian digunakan sebagai lingua franca di antara orang-orang Tionghoa. Setelah gerakan nasionalis tumbuh di Asia dan gelombang imigrasi dari Tiongkok datang di tahun 1930-an ke Asia Tenggara, akhrinya bahasa Mandarin diajarkan di sekolah-sekolah Tionghoa.

Banyak orang Tionghoa di Indonesia yang berasal dari Hokkian bagian utara. Namun, mereka tidak berbahasa Minnan, melainkan berbahasa Minbei. Kata ‘bei’ berarti utara. Penutur bahasa ini paling banyak tinggal di kota Fuzhou (disebut Hokchiu dalam bahasa Minnan) dan kota Fuqing (disebut Hokchia dalam bahasa Minnan).

Sementara di Indonesia, orang Hokchia lebih banyak daripada orang Hokchiu. Sedangkan di Malaysia, terutama di Serawak, lebih banyak orang Hokchiu. Karena kota Hokchia lebih besar daripada Hokchiu, maka bahasa Minbei yang diakui lebih standar ialah dialek Hokchiu. Pada dasarnya dialek Hokchia dan dialek Hokchiu hampir sama, tetapi lagu atau intonasinya berbeda. Tetapi, dialek Hokchia ini banyak menggunakan bunyi sengau.

Mengenai persebarannya, orang Hokchia masih gemar bermigrasi ke mana-mana. Seperti ke Jepang, Amerika Serikat, bahkan sampai kepulauan kecil di Pasifik yang bernama Mariana Islands. Wow, orang Hokkian senang melancong!

Selain orang Hokchia, ada juga orang Hinghua yang datang ke Indonesia. Orang Hinghua berasal dari kota Putian dan masih termasuk provinsi Hokkian (Fujian). Di Indonesia, khususnya di kota Surabaya, mereka kebanyakan berprofesi sebagai pedagang, seperti pemilik bengkel atau toko sepeda.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini