Cara Membuka Usaha Laundry

by
April 21st, 2015 at 10:45 am

CiriCara.com – Seperti halnya bisnis remote atau bisnis rumahan, ada yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai usaha layanan laundry. Anda harus berfikir tentang tempat atau ruang yang harus diperlukan, berbagai layanan yang kita inginkan dalam menawarkan jasa kepada konsumen, harga yang harus kita akan dikenakan dan bagaimana cara agar kita mendapatkan pelanggan.

laundry

Bisnis Laundry – Ist

Membuka usaha jasa laundry bisa menjadi alternatif usaha yang menguntungkan. Di kota-kota besar dan lingkungan perguruan tinggi serta lingkungan perkotaan dimana banyak orang yang tidak memiliki mesin cuci atau malas mencuci sendiri, maka usaha ini sangatlah perfect di lingkungan tersebut. Dan sebelum kita membuka jasa laundry ini, harus memperhatikan bagaimana cara memaksimalkan lokasi, jasa, jam, dan layanan pelanggan untuk membedakan bisnis kita dengan pesaingnya.

  • Lokasi/tempat usaha. Lokasi merupakan hal yang paling penting saat akan membuka usaha jasa laundry. Kita ingin membuka di daerah dan dihuni oleh target demografisnya, misalnya banyaknya penduduk yang mendiami daerah tersebut, tempatnya berdekatan dengan sebuah atau beberapa perguruan tinggi dan ini merupakan ide yang paling baik, juga dekat dengan gedung apartemen, dan jangan sekali-kali membuka usaha jasa laundry dimana ada pesaingnya. Pastikan bangunan/tempat usaha jasa laundry memilik parkir yang cukup luas sehingga para pelanggan/konsumen tidak perlu repot-repot dalam hal mengangkut pakaian yang berat dari jalan.
  • Jasa Layanan. Dalam hal layanan harus membedakan dengan layanan dari jasa laundry pesaing, misalnya kita tawarkan berbagai layanan pilihan seperti layanan cuci dan lipat, jasa pengiriman artinya hasil laundry dikirimkan kepada pelanggan, layanan dengan pemesanan melalui online.
  • Jam layanan.Umumnya usaha jasa laundry jam kerjanya dari pagi hingga sore hari (sekitar jam 17.00) ubahlah jam akhir tersebut sampai jam 22.00 setiap hari. Biasanya akhir pekan hari tersibuk. Pengusaha jasa laundry sebaiknya merekomendasikan menjaga jam alternatif tergantung dari basis pelanggan anda, jika mempunyai banyak karyawan laundry dan di daerah jasa kita terdapat perguruan tinggi otomatis banyak mahasiswanya maka kita buka sampai 24 jam, sehingga jasa laundry berbeda dengan pesaing.

Demikian tentang tips cara membuka usaha laundry. selamat bisnis

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Tips Agar Pakaian Tidak Tertukar atau Hilang Saat Dilaundry

Comment di sini