Cara Mencegah Penyakit Asma

by
April 21st, 2015 at 2:02 pm

CiriCara.com – Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan manusia. Asma membuat saluran pernafasan menjadi sempit sehingga membuat kesulitan bernafas serta asma juga dapat membuat tubuh kehilangan banyak oksigen.

Penyakit Asma

Ist

Asma bisa disebabkan karena beberapa hal dan juga dapat menjadi salah satu penyakit keturunan. Namun jika bukan merupakan penyakit keturunan, bagaimana cara mencegah penyakit ini? Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam mencegah penyakit ini.

1. Jagalah Kebersihanmu

Maksudnya disini adalah menjaga lingkungan di sekitarmu agar tetap bersih. Penyakit asma sangat tidak bisa berada di lingkungan yang kotor. Karena bakteri yang ada dalam lingkungan yang kotor tersebut akan menyerang masuk ke sistem pernafasan dan membuat saluran pernafasan menjadi lebih sempit sehingga sulit bagi sang penderita untuk bernafas.

2. Hindari Asap

Hindari segala sesuatu yang berhubungan dengan asap. Entah itu asap pembakaran atau asap rokok. Asap memiliki kandungan berupa karbon. Dimana karbon sudahdiketahui merupakan sisa buangan pernafasan berarti hal itu tidak diperlukan bagi tubuh. Apalagi susunan zat kimia dalam asap tersebut bukan memberi manfaat dalam tubuh, malah kandungan dalam asap akan mengikat oksigen dalam tubuh. Coba bayangkan deh. Sudah sulit bernafas, eh malah diikat lagi oksigen di dalam tubuh kita. Bukan hanya asap loh. Segala hal yang berbentu uap seperti parfum sekali pun dapat membuat asmamu bertambah parah. So, hindari ya.

3. Jaga Pola Makan

Pola makan sangat berperan penting juga dalam menjaga kondisi tubuh untuk menghindari penyakit asma. Hindari konsumsi sesuatu yang dingin karena hanya akan mempersempit saluran pernafasan serta hindari yang namanya konsumsi MSG juga ya.

4. Lakukan Kegiatan yang Tidak berlebihan

Orang yang terkena penyakit asma tidak boleh yang namanya terlalu lelah. KArena it atur pola kegiatan harianmu. Jangan sampai kelelahan. Jangan mengambil kegiatan yang terlalu padat. Biarkan tubuhmu beristirahat lebih lama.

Tentu saja makan makanan yang sehat dapat membantu juga. Jika sudah terkena asma yang cukup parah, segera konsultasikan ke dokter. Yang penting jaga pola hidup ya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini