Fakta Unik Seputar Udang

by
April 21st, 2015 at 3:15 pm

CiriCara.com – Apakah Anda pecinta seafood atau hidangan laut? Udang adalah salah satu hidangan laut yang memiliki kandungan protein tinggi.

udang kupas

Udang bersih dari kulit – Ist

Selain rasanya yang gurih dan lezat, udang memiliki sejuta manfaat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja?

  1. Udang adalah sumber protein komplit, sebab mengandung asam amino yang tinggi dan 90% proteinnya mudah dicerna oleh tubuh.
  2. Kandungan kolestrol dalam udang segar cukup tinggi, yakni 152 mg pergramnya. Namun, udang tidak secara langsung menaikkan kadar kolestrol. Sebab, udang juga mengandung asam lemak esensial yang dapat meningkatkan kadar kolestrol baik serta menurunkan kadar kolestrol jahat.
  3. Mengonsumsi udang yang dimasak dengan cara dikukus, mampu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak. Karena, udang memiliki kandungan vitamin D, B12, dan Omega 3.
  4. Udang mengandung selenium yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu produksi antibodi dan sebagai anti radikal bebas. Jadi, udang menjadikan kita kebal terhadap penyakit.
  5. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dan ada beberapa jenis udang unggulan yang populer, yakni udang windu, udang galah, dan udang kucing.
  6. Udang windu sangat populer di Indonesia karena ukurannya yang besar dan memiliki cita rasa yang manis dan gurih ketika dimasak.
  7. Udang galah merupakan udang air tawar. Selain ukurannya yang besar dan gemuk, udang galah populer karena terdiri dari berbagai macam warna.
  8. Berbeda dengan jenis windu dan galah, udang kucing adalah udang yang berukuran kecil. Warnanya pun beragam, ada yang hijau dengan garis-garis melintang kuning dan putih. Ada pula yang berwarna kekuningan dengan garis melintang coklat dan putih.
  9. Udang berkhasiat menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Shampo dan pelembab kulit yang paling mahal sekalipun tak akan berguna bagi rambut dan kulit kamu tanpa asupan protein yang cukup. Protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan udang adalah sumber yang sangat kaya akan mineral.
  10. Di Indonesia, udang diolah menjadi hidangan yang bervariasi. Umumnya digoreng, ada pun yang dibakar di atas bara api, digoreng krispi, atau ditumis. Jadi, udang jenis apa saja yang pernah Anda santap?

Penulis: Khaeriya

Artikel lainnya: Cara Mengupas Udang yang Mudah

Comment di sini