Manfaat Memakan Makanan Mengandung Alkaline

by
April 21st, 2015 at 9:29 am

CiriCara.com – Biasanya kalau lapar kita cendrung memikirkan makanan kesukaan yang menggugah selera makan. Tanpa pikir panjang mengenai kandungan nutrisi dan seberapa baik dampaknya untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena umumnya ketika sehat orang berpikir untuk ‘puas-puasin’ makan apapun yang dia inginkan. Anggapan itu memang bisa dikatakan benar namun juga tidak tepat untuk diterapkan terus-menerus. Apabila tubuh terbiasa disuplai makanan yang kurang memiliki kandungan nutrisi yang baik, maka lama-kelamaan akan menjadi ‘bom waktu’. Oleh karena itu, kesehatan sesungguhnya harus dijaga dengan pola hidup sehat bukan hanya sekedar menikmati kesehatan itu dengan prinsip ‘puas-puasin’.

makan

Ist

Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya menjaga keseimbangan asam (pH) yang ada di dalam tubuh. Supaya sel tubuh berfungsi normal. Tambahkan makanan ber-alkaline atau bersifat basa, untuk dalam pola makan kamu untuk menjaga kesimbangan tubuh.

Kondisi asam dalam tubuh dapat menyerap semua energi sel kamu. Mengonsumsi makanan kaya alkaline dapat membantu ion menjaga pH tubuh dan juga menjaga kadar pH hingga meningkatkan energi. Makanan alkaline membantu meningkatkan fungsi sel sehingga menurunkan kadar lemak di tubuh. Sel otak butuh asupan energi yang konstan supaya dapat berfungsi optimal. Makanan alkaline juga salah satu asupan terbaik untuk menyuplai energi tersebut.

Makanan yang mengandung alkaline juga membantu untuk menurunkan berat badan. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan juga berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung alkaline serta manfaat yang terkandung di dalamnya.

- Sayuran

Sayuran yang memiliki kandungan alkaline yang cukup tinggi terdapat pada seldri, kubis, kentang, bawang bombai, mentimun, kembang kol, bawang putih, labu siam, dan tauge.

- Buah

Kandungan alkaline terdapat pada golongan buah citrus seperti jeruk, jeruk lemon dan ceri. Buah-buah tersebut sangat efektif  menjaga pH tubuh. Buah lainnya yang juga memiliki kandungan alkaline yang cukup baik untuk dikonsumsi ialah nanas, semangka, pisang, kurma, dan blackberries.

- Rempah-rempah

Rempah-rempah yang di dalamnya terdapat alkaline ada pada kayu manis, cabai, merica dan jahe. Sangat disarankan apabila kamu menerapkan pola diet dengan mengosumsi 60-80% alkali dan 20-40% asam.

Penulis: *Siahaan Rona*

Comment di sini