Tips Kembali Semangat Pasca Patah Hati

by
April 21st, 2015 at 11:47 am

CiriCara.com – Sama seperti cinta yang datang tiba-tiba, kita pun sering kurang tahu kapan hati bisa seketika terluka. Bahayanya, kalau sedang ‘mengidap’ patah hati kita sepertinya merasa sulit untuk menjalani kehidupan. Nah, dari pada hal itu terjadi terus-menerus lebih baik simak tips berikut ini.

Jujur pada diri sendiri / Ist.

Semangat / Ist.

- Curhat sama diri sendiri

Sesungguhnya hanya kamu sendiri yang benar-benar tahu perasaan yang kamu alami. Bicaralah pada diri sendiri, ungkapkan semua dengan jujur apapun yang kamu rasakan serta pikirkan. Tindakan ini juga sangat efektif supaya kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam. Penting banget kamu melakukan fase ini terlebih dulu sebelum kamu curhat kepada orang lain.

Dengan berbicara pada diri sendiri, kamu pun bisa belajar untuk menerima keadaan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bercerita pada diri sendiri. Kamu bisa merekam curhatan kamu dengan gadget, menuliskannya di blog, atau membuat karya berdasarkan pengalaman kamu yang sedang patah hati. Misalnya, kamu bisa tumpahkan dalam karya tulis berupa cerpen, puisi, atau lirik lagu.

- Cari dukungan

Mulailah untuk kembali berbaur dengan kehidupan yang mungkin kamu tinggalkan ketika hatimu sedang terpuruk. Bergaulah kembali dengan teman-teman. Ketika hangout dengan teman sepermainan setidaknya mereka bisa menghiburmu dengan lelucon yang bisa membuatmu tertawa dan akhirnya kamu pun bisa melupakan kesedihanmu. Dengan bersenang-senang bersama sahabat atau saudara kamu bisa menyadari bahwa masih ada orang-orang yang selalu ada untuk menyayangi kamu.

- Kesempatan baru

Kamu harus ingat bahwa putus bukan berarti kehidupanmu sirna. Setelah melalui keadaan tersebut kamu bisa mulai berpikir mengenai kriteria pasangan yang ideal dengan karakter yang berbeda dari sang mantan. Dari sinilah kehidupan baru kamu dimulai. Jika selama pacaran hidup kamu hanya terpusat pada sang pacar yang kini sudah berubah status menjadi mantan. Maka sekarang saatnya kamu dapat melebarkan sayap bergaul dengan banyak orang yang masing-masing memiliki beragam karakter. Jika tidak bisa menjadi pacar setidaknya kamu mendapat teman baru.

- Hidup baru

Berkomitmentlah pada diri sendiri untuk mau berjuang memulai hidup baru. Bila selama pacaran banyak waktu yang kamu lalui bersamanya, setiap tidur kamu menunggu chatting dari dia, dan saat bangun tidur kamu menanti telepon darinya. Kini mulailah kebiasaan baru. Pertama-tama kamu bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan hal lain yang kamu suka. Misalnya, membaca buku, belajar bahasa asing yang belum kamu pahami, atau menonton koleksi film yang telah lama terpendam di hardisk. Dengan memulai kebiasaan baru perlahan kamu melatih otak terbiasa hingga akhirnya lupa dan tidak lagi menginga-ingat sang mantan.

Penulis: *Siahaan Rona*

Comment di sini