Tips Menjadi Kartini Masa Kini

by
April 21st, 2015 at 3:54 pm

CiriCara.com – Perjuangan Raden Adjeng Kartini atau R.A Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita telah menginspirasi banyak wanita Indonesia. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya wanita yang menjadi kartini masa kini.

Kartini Masa Kini

Kartini Masa Kini – Ist

Namun demikian, masih ada saja wanita yang malah menyalahgunakan emansipasi yang telah diperjuangkan oleh R.A Kartini. Bukannya menjadi wanita yang bermartabat, mereka malah jadi wanita bejat yang malah membuat kaum wanita nampak rendah.

Lalu bagaimana sih cara untuk menjadi kartini masa kini? Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Perilaku yang baik

Sebagai wanita, kamu harus punya sikap dan perilaku yang baik. Jangan mentang-mentang ada emansipasi wanita, terus kamu malah bersikap seperti pria. Tetaplah jadi wanita yang anggun yang mencerminkan keindahan dan keramahan bangsa ini.

2. Tidak malu

Jadi kartini masa kini itu harus berani dan tidak malu. Asalkan pekerjaan yang dijalani adalah pekerjaan yang baik dan halal, kenapa harus malu? Lihatlah perjuangan seorang tukang ojeg wanita dan buruh panggung wanita yang rela banting tulang demi menghidupi keluarga. Malu itu kalau kamu salah.

3. Peduli keluarga

Dengan adanya emansipasi wanita, kaum wanita di Indonesia kini meraih kebebasan untuk jadi ibu rumah tangga saja atau juga jadi wanita karier. Namun, buat kamu yang kerja, usahakan untuk tetap peduli terhadap keluarga. Minimal tetap membuat masakan buat keluarga di waktu luang.

4. Jadi panutan

Bukan hanya patuh, tapi kartini masa kini juga harus bisa jadi panutan buat wanita lainnya. Menjadi contoh yang baik dan membawa kebaikan buat orang yang ada di sekelilingnya. Misal, mengadakan les gratis untuk anak tidak mampu. Ini baru kartini masa kini!

5. Rajin menuntut ilmu

Buat kamu yang masih pelajar, jadilah kartini masa kini dengan cara rajin belajar. Dulu R.A Kartini kesulitan untuk mewujudkan keinginannya untuk belajar ke jenjang yang tinggi. Kini, kamu yang sudah bebas menuntut ilmu tanpa adanya batasan, saatnya buktikan bahwa kaum wanita juga pantas menerima pendidikan yang setara dengan pria. Jangan sia-siakan perjuangan Kartini dengan malas-malasan atau bahkan bolos sekolah.

Semoga bermanfaat dan semoga makin banyak kartini-kartini masa kini yang akan bermunculan di masa yang akan datang. Selamat Hari Kartini 2015!

(YG)

Comment di sini